fbpx

Tentukan Strategi Marketing dengan Market Growth Matrix. Sudah Pernah Dengar?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Sebagai seorang business owners, tentu Anda harus memiliki planning untuk mengembangkan bisnis yang Anda punya. Namun, untuk mengembangkan bisnis, Anda harus tahu terlebih dahulu apa strategi pengembangan yang akan Anda gunakan terhadap bisnis Anda, sehingga nantinya strategi yang Anda gunakan tidak akan sia-sia dan dapat mengembangkan bisnis Anda.

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar Market Growth Matrix? Market Growth Matrix atau yang dikenal Ansoff Matrix dibuat oleh ahli matematika yang menerapkan ilmunya di dalam dunia bisnis, yaitu Igor Ansoff. Matrix ini dibuat untuk merencanakan strategi pengembangan perusahaan dan menentukan strategi pertumbuhan perusahaan.

Di dalam Market Growth Matrix terdapat 4 strategi yaitu, Market Penetration, Market Development, Product Development, dan Diversification. Calibreworks akan menjelaskannya secara singkat dan mudah dimengerti untuk Anda:

1. Market Penetration

Market Penetration adalah kondisi dimana Anda menjual produk yang sudah ada dan menjualnya kepada target market yang sudah ditetapkan dari awal. Namun disini Anda harus melakukan strategi penetrasi agar penjualannya meningkat. Contoh: Anda menjual tas dengan target market anak muda-perempuan. Maka dalam Market Penetration Anda bisa memberikan diskon untuk mereka, atau membuat campaign yang menarik.

2. Market Development

Yang kedua adalah Market Development. Disini Anda akan mengembangkan pasar baru dengan menggunakan produk yang sudah ada. Contoh: Anda menjual tas dengan target market anak muda-perempuan. Maka mulailah untuk mengembangkan pasar seperti menargetkannya kepada ibu-ibu.

3. Product Development

Pada strategi ini, Anda membuat produk baru dan menawarkannya kepada segmen pasar yang sudah ada (konsumen lama). Contoh: Awalnya Anda hanya menjual tas, maka sekarang Anda mulai menjual dompet dan tawarkan itu kepada konsumen lama Anda; anak muda-perempuan.

​​4. Diversification

Yang terakhir adalah diversifikasi, disini Anda mengeluarkan produk baru dan menargetkannya kepada konsumen baru juga. Contoh: Pertama kali berbisnis Anda hanya menjual tas untuk perempuan, maka sekarang Anda jual juga tas untuk laki-laki. Kemudian, targetkan produk baru tersebut kepada konsumen laki-laki.

Itulah 4 Market Growth Matrix yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda sudah menentukan ingin menggunakan strategi yang mana diantara keempatnya, maka akan memudahkan bisnis Anda kedepannya. 

Namun, jika Anda masih kebingungan untuk mengembangan bisnis, silahkan hubungi Calibreworks! Kami siap membantu mengembangkan bisnis Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *