fbpx

Teknik Marketing Out Of The Box dari Grab Express, Teddy Bear Keliling Kota?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Seperti yang Anda ketahui, Teknik Marketing merupakan suatu metode untuk mempromosikan produk atau jasa dengan strategi-strategi yang terbaik untuk memperoleh beberapa hal, diantaranya keterkenalan akan brand dan tentu mendapat keuntungan. Ada banyak sekali teknik marketing, tetapi kebanyakannya dilakukan secara unik bahkan out of the box agar menarik perhatian si calon konsumen.

Jika berbicara mengenai Teknik Marketing yang unik di Indonesia, ada beberapa brand yang sudah melakukannya. Sebagai contoh, jika Anda ingat pada tanggal 14 Febuari 2021 lalu ada sebuah kejadian unik yaitu para driver Grab berkeliling dibeberapa titik kota dengan membawa boneka Teddy Bear. 

Ada banyak respons dari masyarakat ketika melihat driver Grab mengelilingi kota namun penumpangnya Teddy Bear yang berukuran sebesar manusia, “kok banyak driver yang bawa Teddy Bear?″ , “eh kok lucu, siapa tuh yang mau kirim ke pacarnya?” dan respons-respons lainnya yang bertebaran di media sosial.

Setelah ditelusuri, ternyata ini merupakan teknik marketing dari Grab yang sengaja dilakukan untuk mempromosikan layanan Grab Express (pengantaran barang). Mereka mengkampanyekan bahwa semua paket konsumen adalah Very Important Paket yang selalu diantar sepenuh hati.

Setelah kita dibuat bertanya-tanya maksud dan tujuan dari para driver Grab Express yang membawa boneka Teddy Bear, kita pun mengetahui bahwa ini adalah teknik marketing. Bahkan teknik marketing yang sangat unik. 

Jenis teknik marketing yang dipilih Grab ialah teknik modifikasi Call to Action yang dimana sebenarnya teknik ini memberi tautan untuk menuju platform brand tersebut. Oleh karena itu, teknik ini dimodifikasi dengan melakukan langkah turun ke jalan untuk membuat orang-orang penasaran dan membuka aplikasi Grab itu sendiri. Dan ternyata memang teknik ini sukses dijalankan oleh Grab.

Melalui kampanye yang dilakukan Grab, kita bisa mendapat kesimpulan bahwa ada banyak sekali teknik marketing yang dapat dilakukan oleh brand Anda. Anda harus bisa membuat sebuah teknik marketing yang unik sehingga bisa menarik perhatian dari si konsumen bahkan calon konsumen. Jika Anda terinspirasi oleh kampanye yang dilakukan oleh salah satu brand, Anda boleh melakukan kampanye yang serupa namun tak sama. Dengan kata lain tidak persis 100%. Hal ini biasa disebut dengan ATM yang merupakan kepanjangan dari Amati, Tiru, dan Modifikasi. Tetapi alangkah lebih baik jika Anda bisa menciptakan teknik marketing yang baru, yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh brand lain.

Jika Anda merasa butuh partner untuk menjalankan sebuah kampanye, we are happy to help you! Silahkan daftarkan diri Anda untuk mendapatkan kesempatan konsultasi gratis selama 30 menit dengan klik banner di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *