fbpx

Solusi Agar Bisnis Bertahan di Kala Badai Krisis

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Seleksi alam memang berlaku dalam kehidupan manusia, begitu juga dengan dunia bisnis. Keadaan politik yang berubah-ubah, inflasi, krisis ekonomi, sangat mempengaruhi dunia bisnis. Apalagi belakangan ini kita mendengar bahwa rupiah sangat melemah terhadap dolar akibat pandemi covid-19. Jangankan berkembang, untuk bisa bertahan saja rasanya sudah luar biasa. Tapi jangan terllau khawatir, artikel kali ini akan membantu bisnis Anda untuk bisa bertahan dalam kondisi krisis

Memaksimalkan Kinerja SDM

Biasanya dimasa krisis banyak pebisnis memilih mengurangi jumlah karyawan. Tapi apakah itu langkah yng tepat? Hm, Jangan gegabah dan langsung mengambil keputus dulu, Anda dapat memberikan penjelasan dan berdiskusi pada semua karyawan mengenai situasi krisis ini. Lebih baik Anda memaksimalkan kinerja dari setiap SDM yang ada.

Anda juga bisa mengusulkan kepada semua karyawan yang ada untuk turut serta mempromosikan produk/jasa dari bisnis. Anda dapat mempertimbangkan untuk memberi komisi pada setiap penjualan karyawan diluar tim sales, seperti yang dilakukan Dahlan Iskan  pada saat beliau meminta semuanya turut serta dalam membantu berjualan koran.

Tetapi berbeda jika karyawan Anda sudah benar-benar tidak produktif, memberhentikan karyawan bisa jadi opsi terbaik dalam situasi krisis ini meskipun itu akan menjadi hal yang berat.

Mengembangkan Strategi untuk Mendapatkan Pelanggan

Untuk membuat bisnis Anda tetap bertahan di masa-masa krisis, Anda harus berani mengambil langkah yaitu dengan cara menarik lebih banyak pelanggan daripada pesaing Anda. Cobalah buatlah strategi yang efektif, misalnya menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan baru dan selalu berikan layanan yang terbaik agar pelanggan Anda tetap bertahan dan tidak pergi kemana-mana.

Jika memungkinkan, selalu jaga hubungan baik dengan pelanggan yang setia. Pelanggan setia adalah salah satu peluang jitu untuk mendapatkan lebih banyak lagi penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya promosi untuk menemukan pelanggan baru.

Siapkan Worst Case Scenario

Ketika sedang di masa stabil dan ekomomi sedang baik, akan sangat mudah untuk melakukan disiplin anggaran seperti membayar gaji pegawai, membayar tagihan listrik, atau tagihan-tagihan lainnya. Tetapi berbeda jika alam kondisi krisis.

Masa-masa krisis terkadang sulit ditebak, tidak ada yang bisa memastikan apa yang terjadi dihari esok. Jadi, bersiaplah setiap saat dan siapkan worst case scenario dan terus tinjau bagaimana bisnis Anda berjalan. Jika tidak, bisa aja Anda menemukan bisnis Anda dalam keadaan terpuruk esoknya dengan tagihan yang menggunung. Tentu Anda tidak menginginkannya bukan?

Tingkatkan Upaya Marketing

Dalam masa-masa krisis yang serba tidak pasti ini, banyak bisnis yang membuat kesalahan dengan memotong anggaran untuk melakukan marketing. Padahal apapun bisnis Anda, memerlukan marketing untuk menghasilkan penjualan dan mendapatkan pemasukan.

Marketing membantu calon konsumen untuk menemukan bisnis Anda dan membeli produk/jasa dari bisnis Anda. Disaat seperti ini jangan menghambat aktifitas marketing, Anda bahkan perlu meningkatkan upaya marketing supaya bisnis Anda tetap menghasilkan penjualan.

Manfaatkan Internet dan Digital Marketing

Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya. Jika dirasa biaya untuk marketing saat ini terasa sangat membebankan, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan marketing secara digital. Dengan menjalankan digital marketing, Anda dapat menghemat biaya berkali-kali lipat!

Bahkan dengan biaya yang relatif lebih murah, Anda dapat menjangkau calon customer sampai ke negara dan benua lain. Digital Marketing juga lebih mudah dijalankan. Mari kita ambil contoh dari krisis akibat virus corona yang sedang sekarang menggemparkan banyak orang. Dengan menjalankan digital marketing, Anda bisa memantau dan menjalankan kegiatan marketing dari rumah tanpa perlu takut terpapar virus dari luar rumah.

Memang tidak ada satupun yang bisa menjamin sebuah bisnis bisa 100% kuat dan bertahan dalam situasi yang krisis, namun dengan melakukan tips yang dibagikan diatas kami berharap dapat membantu bisnis Anda tetap bertahan bahkan di situasi paling krisis sekalipun. Jika ingin berkonsultasi lebih dalam mengenai bisnis dan digital marketing, Anda dapat menghubungi Calibreworks karena kami selalu siap membantu. Sehat dan sukses Selalu!

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *