fbpx

Rahasia video ads McDonald’s mencapai 3.5 juta views

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Bukan menjadi hal yang baru lagi jika perusahaan makanan asal california tersebut dapat meningkatkan brand awareness dengan video ads yang dibuat mencapai 35 juta penonton. Hal ini menjadi daya tarik bagi para pebisnis untuk mengetahui apa rahasia yang dilakukan McDonald’s Corporation dalam membranding produknya.

Salah satu gerai yang ada di Filipina membuat iklan dalam bentuk video yang disebarkan melalui platform Facebook mendapatkan hasil yang begitu memuaskan, hal ini menjadi suatu kemajuan yang sangat signifikan bagi perusahaan untuk meningkatkan awareness di seluruh dunia.


Perusahaan McDonald’s melakukan strategi dengan konsep AIDA (Awareness, Interest, Desire & Action). AIDA adalah sebuah konsep marketing yang dapat digunakan sebagai bahan analisa dan acuan dalam perencanaan iklan. Perencanaan iklan disini mencakup semua aspek, mulai dari persiapan pra-produksi, produksi dan pasca-produksi iklan. AIDA juga bisa dikatakan sebagai alur interaksi antara produk/jasa yang dijual dengan pelanggan. Mulai dari bagaimana calon pelanggan tertarik dengan suatu brand, sampai pelanggan melakukan action untuk membeli produk/jasa yang dijual brand tersebut.

Dalam membuat iklan video, McDonald’s menerapkan konsep AIDA dalam waktu 15 detik mari kita bedah.

Awareness

Pada video iklan McDonald’s 3 detik pertama menyajikan cerita yang menarik, adanya motion graphic berbentuk dompet yang tipis menggambarkan keresahan masyarakat yang ingin makan di McDonald’s tetapi hanya memiliki uang yang sedikit sehingga mempengaruhi pola pikiran kita bahwa produk makanan yang disajikan bisa dibeli dengan harga yang murah. Hal ini menjadi awareness masyarakat terhadap produk makanan tersebut yang harganya terjangkau.

Interest

Pada tahap ini video iklan tersebut menghadirkan gambaran dari menu yang dipromosikan, paket lengkap adanya nasi, ayam dan minuman merupakan satu paket lengkap yang cocok dengan harga yang murah. Hal ini menjadi daya tarik masyarakat karena video yang ditampilkan berdurasi 15 detik tersebut cukup informatif.

Desire

Pada tahap ini sebuah video iklan McDonald’s menyajikan scene kenikmatan dari produk yang di branding dengan beberapa scene cinematic dari kelembutan saus, nasi yang hangat serta minuman yang menyegarkan, hal ini menjadi nilai yang kuat bagi video tersebut dalam menggiring banyak orang dalam membeli produk tersebut

Action

Sampai pada tahap ini, adanya scene seseorang yang sedang makan chicken fillet dengan ekspresi yang senang menggambarkan bahwa ketika orang membeli makanan tersebut tidak akan merasa rugi, dan pada scene akhir dari video tersebut menampilkan paket menu dari chicken fillet dan harga. Hal ini menjadi daya tarik yang kuat bagi perusahaan makanan McDonald’s untuk mengajak (call to action) membeli makanan tersebut. 

Dengan menggunakan konsep AIDA pada video iklan McDonald’s, mereka menghasilkan :

  1. Menjangkau 3.5 juta penonton
  2. 82 % Penonton yang melihat hingga selesai
  3. Mendapatkan 9.8 ribu Likes

Apapun produk bisnis Anda, jika strategi yang digunakan tepat sasaran maka hasilnya akan maksimal. Pastikan Anda berkonsultasi dengan ahli digital marketing yang tepat untuk membangun bisnis Anda. Calibreworks siap untuk menjadi partner Anda dalam mengembangkan bisnis.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *