fbpx

Punya Website ? Wajib Tahu ! 4 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Performa Website Beserta Toolsnya!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Hello Business Owners, perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat pengguna internet melambung tinggi dan segala sesuatunya menjadi serba digital. Perkembangan era digital yang pesat saat ini sangat membantu masyarakat dunia memberikan kemudahan layanan dan cakupan tanpa batas, salah satunya dalam hal berbisnis.

Semakin banyak bisnis yang saat ini terjun ke dunia online seperti website. Alasannya sederhana, karena membuka bisnis via online tidak perlu mengeluarkan biaya sewa yang besar seperti toko offline, dan bisa menjangkau target seluas-luasnya sehingga dapat mencapai keuntungan yang besar.

Jika Anda adalah salah satu pemilik bisnis via website, apakah website Anda saat ini sudah memumpuni untuk mencapai sebuah goals?

Berikut ada beberapa kategori beserta tools yang dapat Anda lakukan untuk mengecek kelayakanan website:

1. Kecepatan Website

Penting untuk mengetahui kecepatan (speed) website Anda karna itu akan berpengaruh terhadap trafik pengunjung website Anda. Berikut 3 tools yang dapat digunakan:

  1. Google PageSpeed Insights
  2. GTMetrix
  3. Pingdom

Setelah mengetahui kecepatan website Anda, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah optimalisasi terhadap beberapa hal.

2. HeatMaps

Menampilkan data seperti Snapshots yang dapat menunjukkan dimana saja pengunjung melakukan klik pada halaman website. Berikut 4 tools yang dapat digunakan:

  1. Lucky Orange
  2. Crazy Egg
  3. Mouseflow
  4. Extrawatch

Dengan bantuan tools tersebut Anda bisa lebih efektif mendiagnosis apa saja yang harus ditingkatkan.

3. SEO (Search Engine Optimization)

Google merupakan search engine terbesar dan paling banyak digunakan saat ini. Mereka terus mengupdate algoritmanya maka dari itu Anda harus terus mengecek kualitas dari konten website Anda. Berikut 4 tools yang dapat digunakan:

  1. Google Search Console
  2. Ubersuggest
  3. Ahrefs
  4. Semrush

Terus tingkatkan kualitas konten website agar bisnis Anda terdepan dalam persaingan.

4. Analisa Kempetitor

Menganalisa kompetitor sangat penting untuk mengetahui bagaimana kondisi Anda dan kompetitor Anda. Berikut 2 tools yang dapat digunakan:

  1. Similar Web
  2. Ahrefs

Selain menganalisa kompetitor, tools tersebut juga dapat mengetahui total kunjungan, berbagi trafik situs web, dan berbagi metrik lainnya.

Meskipun terlihatnya mudah untuk mengelola sebuah website, namun nyatanya tidak seperti itu. Anda harus banyak belajar untuk meningkatkan performa website Anda. Ketika kita membicarakan sebuah website bukan hanya bagaimana cara membuatnya, namun yang paling penting adalah bagaimana membuat trafik website agar terus meningkat.

Jika Anda masih belum memahami cara kerja sebuah website, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Calibreworks!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *