fbpx

Mengenal Social Media Audit dan Pentingnya untuk Bisnis Anda [FREE TEMPLATE DOWNLOAD]

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apa sih yang terlintas di benak Anda atau orang pada umumnya ketika mendengar kata ‘audit’? Mungkin kebanyakan orang akan berpikir bahwa audit itu sudah pasti audit finansial yang penuh kerumitan. Tetapi tenang saja, kali ini kita tidak ada pembahasan yang ‘menyeramkan’ karena audit social media tidaklah serumit yang Anda imajinasikan kok! Memangnya seperti apa sih audit social media itu? dan bagaimana cara melakukannya?

Apa itu Audit Social Media?

Audit sosial media adalah memonitor dan menganalisa hasil dari social media bisnis Anda secara spesifik dengan tujuan mengukur kinerja dari strategi social media yang telah Anda jalankan berhasil atau tidak.

Dari hasil mengaudit social media tersebut, Anda dapat mengetahui apa saja aktivitas dan interaksi yang dilakukan selama seminggu atau sebulan terakhir. Siapa saja yang terlibat di dalam dalam aktivitas, serta analisis kesuksesan iklan Anda di social media itu bagaimana hasilnya, dan lain-lain akan sangat mudah Anda dapatkan.

Audit social media seperti ini sangat penting bagi dilakukan jika Anda ingin mengetahui dan memastikan strategi pemasaran social media yang selama ini Anda pakai benar-benar efektif.

Lalu, bagaimana caranya dan apa saja yang harus dilakukan? Untuk Anda yang kebingungan, Artikel kali ini cocok untuk Anda baca! Yuk simak dan terapkan poin-poin dibawah ini.

Pastikan Semua Sosial Media Teroptimasi

Mari cek kembali, apakah sosial media Anda sudah teroptimasi? Apakah keterangan di website dan bio di sosial media Anda sudah menjelaskan bisnis Anda dan memberi informasi yang dibutuhkan pelanggan atau target customer Anda? Apakah foto profil sosial media Anda sudah terlihat jelas dan profesional? Apakah konten dan isi sosial media Anda masih relevan?

Siapkan Template Khusus 

Anda perlu menyiapkan template khusus untuk menampung segala analisa Anda. Di template tersebut nantinya akan diisi oleh daftar sosial media Anda, daftar post dengan engagement yang terbaik, jenis metrik di setiap post, dan yang terakhir adalah analisa opportunity dari setiap akun social media yang ada.

Jika Anda kebingungan dan tidak mendapat gambaran harus seperti apa templatenya agar rapi dan informasinya mudah terbaca, Anda dapat mencari di google dengan keyword “social media audit template”.

Anda akan menemukan banyak sekali contoh dari template yang sudah ada . Atau Anda dapat mendownload social media audit template yang sudah siap dipakai dari link yang kami sediakan di akhir artikel ini!

Analisa Konten Sosial Media

Salah satu langkah penting dalam social media audit yaitu mencari tahu post mana saja yang memiliki engagement terbaik. Dalam melakukan analisa ini, urutkan post dari yang engagement nya terbaik hingga ke yang terburuk lalu buatlah evaluasi.

Apakah post ini mendapat engagement tertinggi karena visual yang menarik? apakah karena call to action yang bagus? atau mungkin karena waktu posting yang tepat? Anda juga perlu memisahkan mana saja postingan yang sudah diberi ads dengan yang tidak diberi ads.

Jika hal ini Anda lakukan secara konsisten lalu Anda analisa, Anda dapat mengetahui konten seperti apa yang sebenarnya disukai dan menarik untuk customer dan target konsumen Anda sehingga Anda dapat menyusun strategi kedepan untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic ke website, atau meningkatkan tingkat penjualan dan profit, serta meningkatkan performa sosial media Anda.

Itulah cara untuk melakukan social media audit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download social media audit template gratis

Pastikan Anda isi dengan email aktif anda untuk menerima link downloadnya!