fbpx

Mempromosikan Bisnis di TikTok, Apakah Tepat untuk Bisnis Anda?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Sebelum mengetahuinya, ada baiknya kita mengetahui lebih dalam apa itu aplikasi TikTok.

TikTok adalah salah satu platform media sosial yang perkembangannya cukup pesat. TikTok memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek berdurasi 15-60 detik disertai musik, filter, dan beberapa fitur kreatif lainnya. 

Misi TikTok adalah mengajak para penggunanya untuk berani menciptakan karyanya sendiri sebagai content creator dan tidak cuma menonton video saja. Hal ini yang membuat TikTok berbeda dibandingkan sosial media lainnya sehingga kian populer dikalangan anak muda.

Pada Januari 2021, pengunduh TikTok mencapai angka 30.7 juta di Indonesia. Dengan pertumbuhan user yang semakin pesat, menjadikan TikTok sebagai salah satu channel digital marketing yang cukup menjanjikan. 

Sedikit informasi untuk Anda, video-video yang muncul di For You Page (FYP) tidak serta-merta karena video itu ramai penonton tetapi juga ada faktor lainnya seperti : 

1. Pengaturan Akun

Pada saat pertama kali mendaftar, Anda diminta untuk memilih apa saja topik yang disukai. Nantinya TikTok akan menyarankan berbagai video yang sesuai dengan tema itu. Maka dari itu video yang muncul di FYP adalah video yang telah disesuaikan dengan ‘topik yang Anda sukai’ dari si pemilik akun.

2. Interaksi pengguna

Pengaturan pada akun di awal bukan satu-satunya yang berpengaruh pada rekomendasi video di FYP. Ada satu hal lagi yang juga berpengaruh, yakni video-video yang dikomentari, like, dan share.

3. Tarif Penyelesaian

Tentunya algoritma rekomendasi konten TikTok dirancang untuk dapat menyuguhkan konten yang sesuai dengan yang pengguna senangi. Untuk mencapai hal tersebut, TikTok juga mengikutsertakan completion rates dari sebuah video sebagai salah satu pertimbangan akan kualitas konten tersebut.

Bagi sebagian orang, mungkin TikTok dianggap hanya aplikasi video untuk anak-anak muda. Tetapi perlu diketahui bahwa saat ini TikTok merupakan platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis, khususnya dalam membangun awareness. Anda bisa memperkenalkan produk dan bisnis Anda melalui TikTok jika target marketnya adalah anak-anak muda. 

Maka jika pertanyaan Anda adalah “tepat atau tidak mempromosikan bisnis di TikTok?” , tentu jawabannya tepat jika target audiens Anda memang anak-anak muda. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah konten di TikTok bersifat entertain dan kreatif, artinya kalau Anda mau eksis di TikTok maka Anda harus berpikir membuat konten yang kreatif agar mendapatkan perhatian dari para audiens TikTok.

TikTok Ads Bagi Bisnis Anda

Seperti halnya platform media sosial, TikTok juga menyediakan jasa iklan yang dapat membantu Anda menjangkau banyak pengguna di platform tersebut. Dengan menggunakan iklan di TikTok, konten yang Anda buat akan menjangkau lebih banyak orang dan akan diprioritaskan oleh TikTok. 

Anda dapat memilih target audiens berdasarkan demografi sehingga iklan Anda mencapai target audiens yang tepat dan mendatangkan customer. Selalu lakukan audiens research agar budget yang Anda keluarkan tidak sia-sia.

Jika Anda ingin dibantu oleh Calibreworks untuk research audiens atau konsultasi terkait digital marketing lainnya, silahkan daftarkan diri Anda untuk konsultasi GRATIS selama 30 menit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *