fbpx

Membangun Bisnis dengan Signup & Subscription

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Bukan sebuah rahasia lagi, bahwa data Customer sangat berpengaruh untuk pertumbuhan bisnis dan bersaing di tengah berbagai macam aktivitas marketing yang berfokus pada perang budget. Strategi Sign up dan Subscription menjadi solusi untuk bisnis Anda yang ingin berkembang dan menghindari perang harga in the long run.

Sign up dan Subscription adalah strategi dimana konsumen secara berkala melakukan pembayaran atau gratis sekaligus untuk mendapatkan akses terhadap informasi atau layanan premium. Hal ini bisa menjadi kesempatan business owners untuk menggunakan data guna merencanakan strategi bisnis, lho!

Memangnya apa sih keuntungan dari Sign up dan Subscription? Selain berguna untuk menumbuhkan bisnis dan email list, data dari hasil subscription ini bisa digunakan untuk memberikan personalized experience guna memperoleh cara yang tepat untuk melayani kebutuhan konsumen lebih baik yang pada akhirnya meningkatkan loyalitas, hingga memberikan added value kepada customer, seperti: kenyamanan, kebaruan, hingga pengalaman unik & personal. 

Kalau sudah seperti itu, pasti Customer memilih untuk enggan beralih ke kompetitor lain. Pasti Anda sebagai business owners akan senang, bukan?

Nah, untuk menjalankan strategi Signup dan Subscription, dibutuhkan empat hal penting yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai salah, ya!

1. Buat Customer Journey secara Matang

Kunci keberhasilan dalam menjalin hubungan baik dengan customer adalah dengan mencari tahu kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi dan memberikan penawaran yang tepat untuk mereka. Business owners harus menahan diri untuk tidak menawarkan produk atau layanan yang tidak sesuai dan hanya sekedar mengikuti “Tren”. 

Why Mapping Customer Journey Is Crucial - 10 Steps You Should Follow | CommBox

Terdapat Customer Journey, dimana business owners bisa melihat pengalaman berinteraksi Customer atau sudah sejauh mana perjalanan customer berada di tahap sesuai konversi bisnis Anda. Melalui ini, business owners dapat mengidentifikasi hal apa yang membuat kebutuhan Customer belum terpenuhi. Memahami hal terperinci apa yang memotivasi konsumen untuk melakukan transaksi, memprediksi perjalanan customer, hingga mengoptimalkan customer experience.

Nah, hal ini berarti Anda harus melakukan pendekatan kepada customer hanya berdasarkan pada fakta yang sudah digali, tidak boleh sembarangan memprediksi yang akhirnya menghabiskan energi, waktu, dan biaya. Tujuannya, supaya business owners dapat menyesuaikan penawaran dan strategi pemasaran secara tepat dan terukur.

2. Memenangkan Hati Customer dengan Value

Hal yang membuat customer dapat tertarik pada brand Anda yaitu kombinasi antara penawaran dan harga yang tepat. Apalagi, masyarakat kini bukan lagi mempertimbangkan salah satu dari harga atau nilai dari sebuah produk atau layanan, melainkan mereka mempertimbangkan keduanya. Tidak melulu masyarakat menyukai sesuatu yang murah, lho.

The FairPay Zone: Customer Journeys of Value -- Measuring the Elements of Value

Jadi, bagaimana caranya? Nah, Anda bisa memulainya dengan meningkatkan pengalaman baik Customer, bisa soal pelayanan, kualitas produk, sampai variasi produk yang diberikan. Lalu, secara otomatis timbul feedback baik yang nantinya akan menjadi rekomendasi target market lainnya untuk mempertimbangkan brand Anda. Cara lainnya, Anda bisa melakukan mitra kerja sama atau yang disebut sebagai co-branding dengan brand lain yang diasosiasikan konsumen terkait kualitas bagusnya.

3. Mempertahankan Customer yang Sudah Ada

Tidak hanya soal menarik customer baru, namun sebagai business owners juga harus mempertahankan customer yang sudah ada sejak lama. Caranya, Anda harus memperhatikan kualitas produk atau layanan secara konsisten, menciptakan variasi, pelayanan tulus yang membuat mereka tetap mengingat brand Anda. 

Perbedaan Customer, Consumer, dan Client dalam Penggunaannya

Anda harus selalu mengidentifikasi kebutuhan customer, serta mengkomunikasikannya melalui konten dan pesan secara konsisten, sebagai bagian dari strategi Signup dan Subscription bisnis Anda.

Anda juga bisa lho memanfaatkan Testimoni untuk mengetahui pengalaman Customer terkait brand Anda. Sehingga, Anda bisa mengatasi secara segera apabila terjadi kesenjangan dimana brand tidak memenuhi harapan mereka.

Funfact, customer rata-rata memutuskan untuk enggan berlangganan lagi dikarenakan tidak adanya pengalaman baru yang memuaskan mereka. Anda bisa memperbaiki atau meningkatkan sistem feedback terhadap customer, memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan pelayanan customer melalui pemberian rekomendasi produk dan penawaran baru supaya mereka tidak jenuh. 

Misalkan, pernahkah Anda menggunakan aplikasi e-commerce, seperti Shopee untuk melihat-lihat produk dari brand tertentu? Anda memasukkannya dalam keranjang belanja, namun tidak kunjung melakukan transaksi. Beberapa saat kemudian, masuk sebuah pesan untuk mengingatkan Anda terkait penawaran khusus produk yang Anda tertarik tadi. Nah, kurang lebih seperti itu cara agar customer selalu tertuju pada brand Anda atau memberikan pengalaman baru bagi mereka. Akan tetapi, kembali lagi tergantung pada kondisi customer, ya!

Related Article: Bisnis Anda di Komplain Customer? Ketahui Pentingnya Brand Experience untuk sebuah Bisnis!

4. Antisipasi Kehilangan Customer

Terdapat tiga hal yang harus business owners perhatikan terkait hal ini, yaitu persepsi kurangnya kualitas atau value untuk harga yang ditetapkan, kelangkaan produk, pengalaman baru hingga menyenangkan, dan kurangnya pilihan produk atau layanan sampai harga.

10 Tugas Customer Service yang Wajib Anda Ketahui

Solusinya agar 3 hal ini tetap berjalan adalah Anda harus menetapkan harga yang fleksibel. Bagaimana caranya? Anda bisa memvariasikan biaya perpanjangan subsciption dengan menyediakan biaya lebih tinggi atau lebih rendah. Hal ini bertujuan untuk memotivasi mereka supaya mengambil keputusan yang diharapkan. Misalkan, Anda sebagai business owners menyediakan paket perpanjangan 2 macam, yaitu: A (harga 100.000 untuk mendapatkan layanan lengkap secara full) dan B (harga 50.000 untuk mendapatkan layanan hanya sebagian), maksudnya adalah kondisi customer seringkali tidak menentu dan bisa saja memiliki pilihan yang berbeda-beda menyesuaikan kebutuhan mereka setiap kali hendak melakukan perpanjangan. Hal ini bertujuan supaya customer selalu melakukan konsumen secara intens kepada brand Anda.

Setelah pemaparan terkait strategi Signup dan Subscription ini, jika Anda mempraktikkannya dengan benar, maka diharapkan bisnis Anda akan mudah menambah hingga mempertahankan customer. Jika Anda sudah mempraktikkannya dan masih belum berhasil, silahkan konsultasikan bersama Calibreworks. Kami siap membantu mengembangkan bisnis Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *