fbpx

Jual Brand Experience, Ini Dia Rahasia Loyalitas Pelanggan Zalora

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Hi Business Owners! Siapa disini yang tidak kenal dengan Zalora? 

Zalora merupakan salah satu retail fashion online terkemuka di Indonesia yang menawarkan begitu banyak produk fashion seperti pakaian, sepatu, aksesoris, pakaian olahraga, busana muslim, berbagai produk kecantikan untuk pria dan wanita, serta masih banyak lagi! Didirikan pada tahun 2012, Zalora memiliki strategi marketing tersendiri agar para customer yang sudah pernah berbelanja melalui retail online tersebut mau melakukan pembelian ulang barang-barang fashion lainnya melalui platform yang sama.

Untuk memajukan serta mengembangkan platformnya, Zalora menjual Brand Experience tersendiri kepada pelanggan, dimana product dan user experience menjadi fokus utama mereka. CEO dari Zalora, Anthony Fung percaya, bahwa memberikan pengalaman yang terbaik bagi pelanggan adalah rahasia mendapatkan loyalitas mereka. Lantas, apa saja sih bentuk Brand Experience yang lakukan Zalora pada customernya? Mari kita bahas

1. Pembatasan Brand

Alih-alih membuka pintu selebar-lebarnya untuk para pemasar menjajakan produk dan merek di platformnya, Zalora justru membatasi jumlah brand yang masuk yaitu di angka 1.000. Hal ini dikarenakan pihak Zalora menganggap satu brand yang tepat sudah bisa mewakili 500 brand serupa, oleh sebab itu brand yang masuk di Zalora harus betul-betul brand yang terpercaya. Jadi, tidak ada produk yang sama di dua toko yang berbeda ya, Business Owners..

2. Tampilan Website yang Menarik dan User Friendly

Jika kita berselancar di website milik Zalora, dapat dipastikan kita hanya akan menemukan sedikit atau bahkan tidak sama sekali adanya kesulitan dalam berbelanja online. Hal ini dikarenakan Zalora membuat websitenya user friendly dan mudah dipahami, sehingga pengguna paling awam pun dapat menggunakannya.

3. 100% Asli dan Autentik

Karena hanya ada satu jenis brand yang sejenis, maka ketika anda berbelanja di Zalora, dapat dipastikan barang yang sampai ditangan anda adalah 100% original. Target market Zalora yang juga merupakan kalangan kelas menengah ke atas menjadi salah satu alasan Zalora memastikan semua produk-produknya adalah original yang dipesan langsung dari pemilik brand itu sendiri. 

Hasil dari Brand Experience Zalora
Strategi membentuk Brand Experience ini rupanya berhasil membawa Zalora menjadi salah satu destinasi belanja fashion online terbaik di Asia Tenggara, dan menjadi top of mind di masyarakat pada kategori fashion marketplace untuk barang-barang branded dan original yang dijual online. Zalora mendapat respon positif dan brand trust dari para konsumennya yang telah melakukan transaksi berbelanja melalui fashion marketplace tersebut.

Kesuksesan Zalora dalam membangun brand experience tentu tidak lepas dari kegiatan strategi marketing, oleh sebab itu, jika anda ingin mengetahui brand experience apa yang sebaiknya digunakan untuk bisnis ada, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan Calibreworks, GRATIS*.

*selama 30 menit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *