fbpx

Ini Yang Dettol Indonesia Lakukan Untuk Mengetahui Efektivitas Kampanye Pemasaran di Facebook dan Instagram

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Dettol, merek antiseptik terpercaya di Indonesia ingin mengetahui efektivitas kampanye marketing, dampaknya terhadap penjualan, dan sinergi antara media yang berbeda. Mereka menjalankan sebuah kampanye di Facebook dan Instagram melalui foto dan iklan video untuk memperkuat pesan mereka selama Ramadhan. Terpilihnya Facebook dan Instagram dikarenakan orang-orang lebih sering menggunakan kedua platform tersebut selama periode Ramadhan. Diwaktu yang sama, Dettol juga mengkampanyekannya di TV.

Bekerjasama dengan Facebook dan tim penelitian Kantar, Dettol melakukan penelitian dengan menggunakan model consumer-mix. Consumer-mix adalah menempatkan produk di tempat yang tepat, mempromosikannya dengan tepat, dan pada harga yang tepat. Penelitian ini juga akan membantu para pengiklan memahami seberapa efektif kampanye pemasaran mereka — baik secara kelompok maupun individu — dengan menganalisis dampaknya terhadap perilaku pembelian sebelum, selama, dan setelah mereka menjalankannya.

Secara khusus, Dettol menganalisa keseluruhan peningkatan penjualan, bagaimana jangkauan dan frekuensi mempengaruhi hasil, dan bagaimana iklan di media yang berbeda mempengaruhi audiens yang berbeda juga.

Dalam membuat iklan video, Dettol bekerjasama dengan Facebook Mobile Works untuk mengadaptasikan iklan TV yang ada menjadi beberapa iklan video berdurasi 15 detik. Iklan dibuat dalam format persegi dan vertikal untuk kenyamanan saat menonton melalui handphone. Video dibuat dalam format split screen horizontal yang akan menyorot dan menekankan pesan dalam satu layar.

(contoh Video Split Screen Horizontal)

Dettol mengunggah foto dan video, dan kemudian meningkatkannya sebagai iklan untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Semua iklan yang ada akan ditautkan ke halaman Dettol di Shopee, yang merupakan platform e-commerce populer di Asia Tenggara.

Kampanye di jalankan di Facebook dan Instagram selama 7 minggu dengan menjangkau wanita Indonesia berusia 25-37 tahun. Dettol juga menggunakan jangkauan dan pembelian frekuensi untuk menjangkau orang lebih banyak selama periode kampanye.

Hasil dari penggunaan strategi consumer-mix telah membantu Dettol untuk mengetahui dampak pembelanjaan media multisaluran pada penjualan offline, yang membantu Dettol untuk lebih menyempurnakan dan mengoptimalkan kampanye di masa mendatang untuk lokasi, audiens, dan skala geografis.

Hasil dari Dettol Digital Campaign

Kampanye yang dijalankan selama April – Juni 2019 memperlihatkan hasil sebagai berikut:

  1. Peningkatan sebanyak 82% yang memungkinan konsumen akan tertarik untuk membeli setelah melihat iklan di TV dan Facebook
  2. 2% kenaikan tambahan dari Facebook

Keberhasilan yang Dettol capai tidak lepasnya dari keterlibatan strategi agensi marketing. Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui efektivitas kampanye digital yang tepat untuk bisnis Anda, silahkan diskusikan dengan Calibreworks.

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *