fbpx

Ingin Mendongkrak Bisnis Anda Melalui Copywriting Email? Baca Artikel Ini!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Dalam membuat copywriting, banyak rumus dan cara yang bisa Anda gunakan. Pada dasarnya copywriting itu merupakan sebuah ilmu yang mempunyai pola dan kaidah sehingga bisa dipelajari. Bisnis Anda bisa saja masih baru, tetapi jika Anda dapat mengoptimalkan promosi menggunakan copywriting yang menarik dan menjual, bukan hal yang mustahil jika nantinya bisnis Anda dapat mengalahkan pesaing yang ada!

Untuk membuat copywriting yang menarik dan menjual, Anda harus mengetahui beberapa cara yang membuat suatu tulisan menjadi berpengaruh bagi pembaca untuk mengikuti apa yang Anda inginkan. Apa saja cara-caranya? Beberapa cara yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut

Riset Market

Agar dapat membuat copywriting email yang menarik dan menjual, Anda perlu melakukan riset dan analisa terlebih dahulu terhadap target pasar Anda. Riset dan analisa ini dapat mencakup aspek demografis, geografis, dan psikografis. Hal ini penting karena target pasar yang berbeda memiliki gaya bahasa dan minat yang berbeda, Anda perlu menyesuaikan gaya bahasa Anda agar tetap satu frekuensi. Riset dan analisa seperti ini juga akan membuat Anda semakin dekat kepada calon customer jika bahasa, minat, dan konten memiliki kesamaan. Jika Anda sudah dapat menyentuh sisi emosional ini, mudah bagi Anda untuk mempengaruhi mereka.

Subject Email yang Menarik

Buatlah subject email yang mendatangkan rasa penasaran untuk membuka email yang Anda kirimkan. Anda dapat menunjukan pengalaman pribadi seperti “Ini Dia Cara Saya Mendapatkan Ratusan Juta Hanya dengan Cara Sederhana!” atau dengan subject sederhana tapi berefek luar biasa dengan angka seperti “Cara Mudah untuk Meningkatkan Keuntungan Anda 200% dalam Seminggu”. Bisa juga menggunakan teknik meremehkan dengan pembuktian seperti “Semua Berpikir Produk ini Abal-Abal, Tetapi Setelah Mencoba Mereka Takut Kehabisan!”

Sebuah subject email harus mampu menyita perhatian calon customer. Dibutuhkan waktu 8 detik untuk menentukan apakah Email Anda akan dibaca atau tidak, dan itu semua bergantung dari subject email yang Anda buat! Anda harus menyakinkan calon customer Anda bahwa dengan membaca email tersebut dapat memberi solusi kepada permasalahan yang dimiliki calon customer Anda.

Gunakan Teknik AIDA

Selanjutnya adalah isi email Anda. Dalam teknik menulis penawaran yang menjual, Anda dapat menerapkan teknik AIDA. AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. Dengan menggunakan AIDA, anda bisa mengubah sebuah halaman kosong di layar komputer Anda menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian calon customer Anda yang berujung sampai tahap pembelian!

Attention

Tarik perhatian calon customer Anda melalui Headline, kalimat pembuka, dan gambar yang menarik. Buatlah calon customer Anda merasa bahwa tulisan Anda “mereka banget”.

Interest

Setelah berhasil menarik perhatian mereka, langkah selanjutnya adalah menarik perhatian mereka lagi dengan membuat mereka sadar dengan besarnya masalah yang mereka miliki. Ada sebaiknya jika Anda menyiapkan informasi,fakta, statistik, studi kasus, kondisi idealnya, lalu alasan.

Desire

Dalam tahap ini, buatlah mereka sangat menginginkan produk Anda. Tahap desire hampir sama dengan interest, bedanya disini Anda harus lebih banyak bermain emosi dan logika dengan menampilkan benefit produk Anda. Mereka tidak peduli dengan Anda, tetapi peduli dengan dirinya sendiri. Maka dari itu posisikan Anda dalam sisi mereka dan tulis manfaat apa yang bisa mereka dapatkan dari produk Anda.

Action

Anda pasti menginginkan mereka mengambil tindakan, bukan? Pada tahap ini, ajak mereka untuk mengambil tindakan. Apapun tindakan yang Anda inginkan, seperti mendaftar, mendownload, mengirim email, membeli produk, dan sebagainya.

Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat meningkatkan penjualan Anda. Selamat mencoba!

Anda dapat mendownload diagram AIDA. Download sekarang!

 

 

 

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download social media audit template gratis

Pastikan Anda isi dengan email aktif anda untuk menerima link downloadnya!