fbpx

Gak Cuma Jurnalistik, Digital Campaign Juga Pakai 5W1H Lho!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Anda pasti sudah tidak asing mendengar 5W1H, sebuah metode yang memuat pertanyaan yang digunakan sebagai dasar pengumpulan informasi atau pemecahan masalah. Pertanyaan tersebut mencangkup unsur What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (di mana), Why (mengapa), dan How (bagaimana). 

Nah untuk membuat sebuah digital campaign kita juga memerlukan 5W1H lho!

Kenapa diperlukan? Karena dengan 5W1H dapat membantu sebuah bisnis menciptakan ulasan detail bagi produk yang akan ditawarkan. Berikut detailnya:

1. What? (Apa)

Sebelum membuat digital campaign, Anda harus tau betul seperti apa digital campaign yang akan Anda jalankan. Apa saja yang akan dipromosikan, selebgram seperti apa yang akan kita ajak kerja sama, dan berbagai macam “what” lainnya. Dalam membuat digital campaign Anda harus melakukan perencanaan yang matang. Jika tidak, maka campaign yang akan Anda buat akan sia-sia dan tidak mendapatkan hasil.

2. Who? (Siapa)

Yang kedua adalah who. Siapa target campaign Anda? Siapa sajakah yang nantinya akan tertarik dengan campaign Anda dan dapat menjadi pelanggan potensial bagi bisnis Anda. Jika Anda sudah memiliki audience untuk campaign Anda, maka hal ini akan lebih mudah bagi Anda dalam menjalankan campaign yang akan dibuat. Namun jika Anda masih belum menemukan atau bingung siapa target campaign Anda, maka usahakan untuk segera menemukannya.

3. Where? (Dimana)

Setelah mengetahui siapa target Anda, maka selanjutnya adalah menetapkan dimana Anda akan mempromosikan campaign ini. Anda bisa mempromosikan campaign di sosial media yang banyak dipakai oleh audience Anda, seperti Instagram dan Tiktok. Atau untuk lebih terlihat profesional, Anda juga bisa menggunakan website untuk mempromosikan campaign anda.

4. When? (Kapan)

Selanjutnya adalah Kapan. Kapan waktu yang tepat untuk mempromosikan campaign Anda. Anda dapat memanfaatkan tren yang sedang naik daun serta banyak digemari oleh calon customer Anda, Anda juga bisa menggunakan sebuah momentum yang pas untuk mempromosikan campaign yang Anda buat. Contohnya seperti Shopee yang bekerja sama dengan kedua pemeran utama sinetron Ikatan Cinta. Hal tersebut dilakukan karena Shopee mengetahui jika belakangan ini sinetron tersebut sedang naik daun, maka dari itu Shopee memanfaatkan kesempatan ini untuk berkolaborasi dengan kedua pemeran utama sinetron Ikatan Cinta tersebut  untuk meningkatkan engagement mereka.

5. Why? (Kenapa)

Anda sebagai business owner harus memberikan alasan kenapa calon customer Anda harus membeli produk yang Anda jual. Berikan reasoning yang kuat agar customer Anda percaya dan tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan melalui campaign ini.

6. How (Bagaimana)

Terakhir, How. Bagaimana caranya agar campaign Anda bisa diminati oleh calon customer Anda dan bagaimana caranya untuk meyakinkan calon customer bahwa produk yang Anda tawarkan sangat berguna untuk mereka.

Dengan menggunakan rumus 5W1H ini, Anda akan lebih fokus dalam menjalankan campaign yang akan dibuat karena target dan sasaran Anda sudah jelas, serta akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Jika Anda ingin membuat campaign yang lebih maksimal lagi untuk bisnis Anda, silahkan hubungi Calibreworks, kami dengan senang hati akan membantu Anda menjalankan campaign untuk bisnis Anda! Silahkan hubungi kami untuk mengetahui jasa yang kami sediakan untuk bisnis Anda. Daftarkan juga diri Anda untuk mendapatkan kesempatan konsultasi gratis* .

*selama 30 menit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *