Calibreworks https://www.calibreworks.com Boost Your Business Fri, 15 May 2020 14:50:04 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.1 https://www.calibreworks.com/wp-content/uploads/2020/02/cropped-calibre-site-logo-32x32.png Calibreworks https://www.calibreworks.com 32 32 60047811 4 Teknik SEO Ini Sudah Harus ditinggalkan Karena Ketinggalan Zaman https://www.calibreworks.com/898-2/ https://www.calibreworks.com/898-2/#respond Thu, 14 May 2020 16:13:29 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=898 4 Teknik SEO Ini Sudah Harus ditinggalkan Karena Ketinggalan Zaman Read More »

]]>
Kata pepatah, satu hal di dunia ini yang pasti adalah perubahan itu sendiri. Ya, semua hal memang pasti berubah dan berkembang seiring waktu, termasuk trik marketing melalui SEO. Besar Kemungkinan trik SEO yang Anda andalkan dulu sudah tidak relevan lagi sekarang, bahkan beberapa trik SEO yang kuno bisa membuat website Anda ‘tidak diakui’ oleh Google lho! Nah, berikut beberapa trik SEO yang sudah selayaknya Anda tinggalkan

Keyword Pendek yang Tidak Bermanfaat

Keyword menjadi salah satu kunci penting sebuah konten untuk mengarahkan search engine kepada website Anda. Biasanya orang-orang yang kurang mengerti tentang SEO akan menaruh sebanyak mungkin keyword dengan harapan konten akan lebih mudah ditemukan oleh search engine, padahal pada faktanya kebanyakan keyword yang digunakan adalah keyword pendek yang ditaruh begitu saja dengan tidak memperhatikan kesesuaian dengan kalimat.

Strategi SEO ini mungkin efektif jika digunakan beberapa tahun lalu, tapi seiring waktu, audiens juga semakin cerdas memilah dan cenderung menggunakan keyword yang spesifik, kini keyword panjang yang sesuai akan lebih menghasilkan banyak kunjungan pada website Anda.

Cobalah ubah keyword Anda dari “jasa catering” ke “jasa catering pernikahan terbaik jakarta”. Anda tidak perlu takut menggunakan keyword yang kepanjangan karena algoritma Google sudah lebih cerdas.

Memilih Topik yang Tidak Relevan

Kesalahan teknik SEO yang masih digunakan adalah memilih topik yang hanya disukai pembaca saja namun sebenarnya tidak sesuai bahkan tidak ada kaitannya sama sekali dengan produk atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda. Teknik ini digunakan untuk memancing banyak audiens ke website Anda lalu melakukan promosi di akhir konten

Jika tujuannya untuk menarik banyak audiens sih teknik ini memang efektif, tapi tanpa disadari teknik ini sudah merusak branding dan citra dari bisnis Anda lho! Audiens akan cenderung melewatkan promosi di bagian akhir karena menganggap itu hanya sebagai sebuah iklan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan konten. Konten yang sesuai dengan bidang bisnis Anda akan lebih mengarahkan audiens untuk membeli produk atau jasa Anda

Memasang Keyword pada Domain

Memasukkan keyword pada nama domain untuk berada di tingkat teratas search engine memang masih sering di lakukan, contohnya seperti peninggibadanmurah.com atau sewamobilcepat. com, padahal teknik ini sudah tidak berlaku dan ketinggalan zaman banget lho!

Nama domain yang menggunakan keyword seperti ini malah menghilangkan kepercayaan audiens terhadap website Anda karena pengguna internet sekarang lebih cerdas memilih mana website yang bisa dipercaya dan nama domain dengan keyword seperti yang sudah disebutkan tadi terkesan tidak kredibel karena terlalu umum dan tidak mengarah pada produk yang spesifik

Terlalu Mengandalkan Sisi Teknikal

Dahulu kala mungkin SEO hanya tentang sisi teknikal seperti url, keyword, judul, dan backlink. Layaknya semua hal yang ada di bumi, SEO juga mengalami perkembangan loh, dulu memang fokus ke sisi teknikal saja tapi seiring berjalan waktu SEO berubah menjadi lebih kepada arah pemasaran. Dengan sistem yang baru ini fokus SEO berubah kepada isi konten, yaitu seberapa layak konten tersebut untuk dipasarkan.

Cara terbaik adalah memfokuskan dan memprioritaskan pemasaran website kepada audiens dibandingkan hanya fokus ke sisi teknikalnya saja

Jika sudah terbiasa, strategi SEO dapat menjadi satu hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi bagi yang belum terbiasa memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Jika Anda masih belum benar-benar paham mengenai SEO, serahkan saja kepada Calibreworks! Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut.
Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat

]]>
https://www.calibreworks.com/898-2/feed/ 0 898
5 Hal Penting yang Ada di Website Agar SEO Friendly https://www.calibreworks.com/5-hal-penting-yang-ada-di-website-agar-seo-friendly/ https://www.calibreworks.com/5-hal-penting-yang-ada-di-website-agar-seo-friendly/#respond Thu, 14 May 2020 15:49:59 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=892 5 Hal Penting yang Ada di Website Agar SEO Friendly Read More »

]]>
Website yang SEO friendly memiliki banyak keuntungan yang pastinya membawa leads berkualitas untuk bisnis Anda !

Ada berbagai macam faktor penentu yang membuat website kamu jauh lebih sedap dipandang, mudah dipahami, atau UI/UX yang friendly. Dan menurut hasil riset dari google, website yang memiliki desain dan kemudahan bagi penggunanya juga menentukan ranking dari website itu sendiri.. semakin bagus dan mudah digunakan, semakin tinggi juga ranking yang diperoleh dari sebuah website yang Anda miliki. Selain itu, ada banyak faktor yang menentukan bahwa website itu mudah digunakan dan sedap dipandang antara lain ;layout/tata letak element, desain sebuah website, konten, dan lain-lain.

Terus apa aja sih emang yang bikin website itu User Friendly?

 

USER EXPERIENCE

User Experience atau biasa dikenal UX adalah bagaimana pembaca atau pengguna (user) berinteraksi dengan web kita. Misalnya, berapa lama pembaca berada di web Anda, halaman apa saja yang dikunjungi, tautan mana yang diklik, dll. Selain konten yang menarik, situs yang mudah digunakan juga membuat pembaca betah berlama-lama di situs website kita.

LAYOUT WEBSITE YANG USER FRIENDLY

Seperti prinsip desain grafis pada umumnya, tata letak sebuah website juga harus memerhatikan prinsip-prinsip dasar seperti:

Sequence: Urutan perhatian atau aliran informasi.
Emphasis: Penekanan pada bagian-bagian tertentu atau menonjolkan hal yang paling penting dari layout.
Balance: Teknik pengaturan bidang layout (simetris dan asimetris).
Unity: Kesatuan seluruh elemen layout.

 

Navigasi Website 

Pada dasarnya, layout website tergantung pada kebutuhan situs web itu sendiri. Tapi, ada beberapa elemen dasar yang sebaiknya ada agar situs web kita lebih SEO friendly, diantaranya adalah:

– Navigasi – Navigasi berupa link yang memudahkan pembaca untuk menjelajahi situs web Anda. Anda boleh menggunakan satu navigasi di bagian atas atau menggunakan keduanya. Jika menggunakan dua navigasi, letakkan topik yang lebih umum di bagian atas dan topik yang lebih detail di bagian kiri laman. Cara lainnya adalah dengan membuat navigasi drop down menu.

– Daftar isi – Daftar isi yang diletakkan di awal setiap laman utama akan memudahkan pembaca menemukan apa yang mereka cari.

– Sitemaps – Sitemaps berisi informasi navigasi secara keseluruhan.

– Las updated – Berisi informasi kapan terakhir kalinya situs web Anda di-update.

– Sidebar – Anda bisa meletakkan informasi penting atau link di sidebar. Misalnya, widget/gadget subscriber atau promo yang sedang berlangsung.

– Tombol search – Tidak semua pembaca tahu persis apa yang sedang mereka cari di situs web Anda, itu sebabnya tombol “search” diperlukan dan mempermudah sekali dalam pencarian si pengguna (website).

TAGS

Membagi konten ke beberapa bagian bukan hanya memudahkan user untuk mencerna informasi, jika digunakan dengan benar, pembagian konten dan penggunaan tag juga bisa mendongkrak SEO. Diantaranya adalah:

– Title tag – Title tag akan terlihat di beberapa tempat, di antaranya di URL dan hasil pencarian. Itu sebabnya mengapa menggunakan kata kunci atau frasa kata kunci di tittle tag berpengaruh terhadap SEO.

– H tag – Headings, subheadings, atau heading 1, 2, 3, dst.

– Alt images tags – Mesin pencari tidak bisa membaca gambar. Alt tags berfungsi untuk mengkomunikasikan gambar yang kita pasang kepada mesin pencari agar mereka bisa membacanya.

KEYWORDS

Tidak penting dan tidak baik menggunakan kata kunci yang terlalu banyak dalam sebuah paragraf, jika Anda tidak mengerti meletakkan kata kunci itu sendiri. Selain di judul, dimana letak paling tepat agar anda bisa menyisipkan kata kunci dalam sebuah konten dengan tepat?

– Paragraf pertama.
– Subjudul.
– Paragraf terakhir.

Hindari menggunakan kata kunci secara berulang-ulang di dalam satu paragraf karena akan dianggap keyword stuffing.

 

KONTEN YANG KOMPREHENSIF

Saat kita membuat konten, terkadang kita hanya terpaku pada kuantitas konten daripada kualitas konten itu sendiri. Padahal yang paling penting adalah bagaimana sebuah topik dibahas secara komprehensif (lengkap dan tuntas). Misalnya, ketika kita membahas tentang topik Tip Monetisasi Blog, tentu kita perlu membahasnya secara lengkap dari mulai apa itu monetisasi, apa saja jenisnya, dan bagaimana caranya.

 

Nahh.. itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan agar website bisnis Anda terlihat profesional, juga mudah dipahami dan digunakan. Gamau kan seandainya produk anda kualitasnya premium, tapi ‘Toko Online’ anda terlihat biasa-biasa aja? Coba Anda bayangkan bila Anda yang berkunjung ke ‘Toko Online’ tersebut?

Semoga informasi ini bisa membantu Anda walaupun baru sebagian kecil dari intinya, jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin berkonsultasi dengan kami jangan ragu.. Calibreworks siap menjawab kebutuhan anda.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu!

]]>
https://www.calibreworks.com/5-hal-penting-yang-ada-di-website-agar-seo-friendly/feed/ 0 892
Cara Efektif Membuat Logo yang Tepat untuk Meningkatkan Penjualan https://www.calibreworks.com/cara-efektif-membuat-logo-yang-tepat-untuk-meningkatkan-penjualan/ https://www.calibreworks.com/cara-efektif-membuat-logo-yang-tepat-untuk-meningkatkan-penjualan/#respond Sun, 10 May 2020 15:38:18 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=864 Cara Efektif Membuat Logo yang Tepat untuk Meningkatkan Penjualan Read More »

]]>
Bingung bagaimana menciptakan logo yang menarik untuk brand? Bagi sebagian orang membuat logo memang hal yang sulit, padahal logo itu memiliki peran penting dalam sebuah brand atau bisnis karena logo adalah hal pertama yang dilihat oleh calon konsumen dan persepsi calon konsumen terhadap suatu brand atau bisnis. Lalu bagaimana sih membuat logo yang tepat? Apa saja yang perlu diketahui?

Pahami Bisnis

Sebelum membuat logo, Anda harus mengerti apa yang ingin direpresentasikan oleh logo tersebut. Untuk ini, Anda harus memahami dulu seluk beluk, analisa target market, hingga brand essence dari bisnis yang ingin dibuatkan logonya.

Logo bukan hanya gambar biasa atau sekedar penghias. Logo menjadi wajah yang merepresentasikan bisnis Anda melalui bentuk, gambar, dan typography. Logo juga menjadi pembeda Anda dengan kompetitor dan menjadi alat untuk branding dan pemasaran.

Pahami Prinsip dalam Membuat Logo

Ada 5 dasar prinsip dalam desain logo yang baik, yaitu sederhana, mudah diingat, kekal, serbaguna, dan sesuai. Penting untuk memahami 5 prinsip dasar ini sebelum membuat logo.

  • Logo yang baik dapat menampilkan sesuatu tanpa harus berlebihan, inilah prinsip pertama yaitu sederhana. sederhana disini bukan berarti tampilannya harus serba minimalis, tapi tentang bagaimana logo menyampaikan pesan dengan cara yang sederhana
  • Lalu yang kedua sebuah logo harus mudah diingat oleh konsumennya yang berarti dengan melihat logonya atau bahkan warnanya saja orang langsung tahu brand dari logo tersebut.
  • Selanjutnya sebuah logo harus dapat bertahan minimal untuk 5 sampai 10 tahun kedepan. kalau prinsip mudah diingat sudah tercapai maka tidak akan sulit mencapai logo yang timeless ini. Salah satu brand dengan prinsip logo timeless yang kuat adalah Coca Cola.
  • yang keempat yaitu prinsip serba guna, serba guna yang dimaksud disini ialah sebuah logo harus bisa diaplikasikan dengan tepat ke dalam berbagai media.
  • Prinsip terakhir adalah sesuai. sebuah logo harus sesuai dengan brandnya karena logo ada representatif brand. Contohnya dalam brand anak-anak cenderung menggunakan warna yang colorful dan tidak kaku. Satu hal yang harus diingat, logo tidak harus menunjukan apa yang dijualnya, contohnya brand mobil tidak harus memasukkan mobil dalam logonya.

Riset dan Brainstorming

Selanjutnya Anda harus melakukan riset, riset dapat berupa analisa target audiens, analisa pesaing bisnis, riset langsung dengan owner bisnis untuk mengumpulkan informasi lengkap tentang bisnis, dan lain-lainya. Setelah melakukan riset dan mengumpulkan data, Anda dapat lanjut melakukan brainstorming. Coba Anda pelajari dahulu data yang sudah Anda kumpulkan, lalu pikirkan konsep logo yang sesuai dengan data yang sudah didapatkan. Untuk proses pencarian ide, melihat banyak referensi logo dari brand terkenal dapat membantu Anda.

Dalam mencari referensi logo dari brand lain, Anda dapat melihat mana brand yang jarang mengganti logonya, ini bersangkutan dengan prinsip kekal tadi. Brand yang jarang mengganti logonya karena logo yang dimiliki memang sudah sukses merepresentasikan brandnya dan tak tertelan perkembangan zaman.

Visualisasikan Logo

Setelah melakukan brainstorming dan menemukan ide, tahap selanjutnya adalah menuangkan ide ke dalam bentuk visual. Buat sketsa sebanyak mungkin dari ide yang sudah Anda kumpulkan, tahap ini memerlukan kreativitas yang maksimal.

Sketsa dapat Anda buat di kertas, komputer, atau media apapun senyaman Anda. Setelah itu, pilihlah opsi logo yang paling terbaik lalu lakukan review lagi terhadap logo tersebut dan revisi lagi bila diperlukan.

Membuat logo memang bukan pekerjaan yang mudah, dibutuhkan banyak jam terbang dan pengalaman untuk dapat membuat logo yang baik. Jika Anda masih kesulitan membuat logo untuk brand, jangan ragu untuk menyerahkannya kepada kami, kami siap membantu Anda!

Akhir kata, semoga artikel ini dapat memberi manfaat!

 

 

]]>
https://www.calibreworks.com/cara-efektif-membuat-logo-yang-tepat-untuk-meningkatkan-penjualan/feed/ 0 864
5 Ide Leads Generation Campaign untuk Meningkatkan Sales https://www.calibreworks.com/5-ide-leads-generation-campaign-untuk-meningkatkan-sales/ https://www.calibreworks.com/5-ide-leads-generation-campaign-untuk-meningkatkan-sales/#respond Sat, 02 May 2020 14:26:12 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=808 5 Ide Leads Generation Campaign untuk Meningkatkan Sales Read More »

]]>
Hi Marketer & Business Owners, jika kalian sudah mulai berpindah ke digital pasti sadar perlunya strategi lead generation campaign yang efektif, karena terlalu banyak ide, terlalu banyak hal yang bisa dilakukan… tapi belum tentu efektif. Jadinya malah information overload.

Pada artikel kali ini kita akan membahas ide leads generation yang terbukti efektif dan perlu diikuti oleh setiap perusahaan dan individu yang menggunakan digital marketing, simak artikel berikut ini yang dapat membantu Anda meningkatkan angka penjualan!

Ciptakan dan Bangun Komunitas Anda Sendiri

Cobalah bangun sebuah komunitas yang menggunakan forum atau grup. Contohnya Anda bisa membangun komunitas di facebook atau kaskus yang terdiri dari orang-orang yang berbisnis, atau para manager, para pecinta musik, para pecinta bola, dan lain-lain. Tentunya anggota komunitas Anda harus spesifik dan sesuai dengan target pasar kalau tidak Anda akan kesulitan menjual produk nantinya.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang dalam komunitas ini akan saling berkomunikasi dan akan menemukan produk atau jasa Anda. Ini meningkatkan peluang mereka untuk membeli produk Anda. Pikirkan komunitas apa yang ingin Anda bangun, dan bagaimana menarik perhatian mereka untuk membeli produk Anda.

Develop Tools Gratis Yang Berguna Untuk Custome Anda

Ide yang kedua, yaitu ciptakan tools gratis yang akan berguna bagi target pasar Anda. Contohnya, bisa berupa Anti virus dengan fitur-fitur gratis. Tenang saja, Anda tidak rugi kok walau memberi tools secara gratis, karena melalui tools gratis yang sudah Anda beri, Anda bisa menawarkan produk premium Anda yang lainnya.

Ini merupakan strategi yang tepat karena audiens akan cenderung membeli produk Anda yang lain ketika mereka puas dengan produk atau jasa Anda yang sudah pernah mereka gunakan sebelumnya. Coba pikirkan, tools apa yang hanya memerlukan budget kecil tapi dapat berguna untuk target pasar Anda?

Membangun Kerjasama dengan Partner yang Melengkapi

Lakukan kerjasama dengan partner yang bisa melengkapi produk Anda. Tentunya sebagai imbalan, nantinya Anda dapat bertukar informasi leads kepada partner Anda. Sebagai contoh jika bisnis Anda bergerak di bidang Web design, coba bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak dibidang SEO.

Biasanya konsumen di kedua bidang web design juga tertarik kepada SEO. Strategi ini dapat menjadi win-win solution selama partner yang Anda ajak kerjasama tidak menawarkan produk atau jasa yang sama alias kompetitif.

Mengadakan Kampanye Kontes Viral

Jika dilakukan dengan pendekatan strategis, sebuah kontes yang viral bisa menjadi cara ampuh untuk mendapatkan leads! Tawarkanlah hadiah spesifik yang sesuai dengan kebutuhan target audiens Anda. Hindari hadiah-hadiah yang terlalu umum seperti motor, handphone, dan sejenisnya. Hadiah semacam ini memang akan menarik banyak audiens, tetapi belum tentu mereka sesuai dengan target pasar Anda.

Setelah itu buatlah landing page untuk kontes dimana calon konsumen dapat memasukkan email mereka. Lalu tawarkan kesempatan lebih untuk menang jika mereka untuk share kontes Anda ke teman-temannya. Anda juga bisa lho mencoba bekerjasama dengan partner yang memiliki target audiens yang sama dengan bisnis Anda, ini meningkatkan angka peserta yang mengikuti dan share kontes Anda.

Menawarkan Seri Kursus Pendek Melalui Email

Sering dijumpai para bloggers dan website yang bergerak di bidang kursus atau pendidikan melakukan strategi ini untuk mendapatkan banyak signups baru. Ide ini dijalankan dengan mengirimkan kursus via email dengan tujuan agar target audiens melakukan sign up dan berujung membeli versi full dari paket kursus.

Anda tetap bisa menggunakan strategi ini kok walaupun bisnis Anda tidak bergerak di bidang kursus atau pendidikan. Tawarkan saja e-book atau materi yang berseri, contohnya jika bisnis Anda bergerak di bidang web design Anda dapat membuat 5 part email tips dasar cara mendesain website.

Sekian beberapa ide strategi yang dapat kita bagikan. Ide ini hanyalah contoh kecil dari banyak ide lead generation yang bisa di explore. Dari semua ide diatas, yang mana yang paling Anda sukai?

Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi, jangan ragu untuk menghubungi Calibreworks!

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu!

 

]]>
https://www.calibreworks.com/5-ide-leads-generation-campaign-untuk-meningkatkan-sales/feed/ 0 808
5 Perubahan Signifikan Akibat Corona, Apa Saja Itu? https://www.calibreworks.com/5-perubahan-signifikan-akibat-corona-apa-saja-itu/ https://www.calibreworks.com/5-perubahan-signifikan-akibat-corona-apa-saja-itu/#respond Tue, 21 Apr 2020 03:46:39 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=756 5 Perubahan Signifikan Akibat Corona, Apa Saja Itu? Read More »

]]>
Masuknya virus corona di Indonesia berdampak tidak hanya pada kesehatan dan ekonomi masyarakatnya, Corona  juga mengubah gaya hidup akibat situasi yang serba terbatas dan berbagai kebijakan yang berlaku untuk pencegahan virus corona.

Perubahan yang paling mencolok terlihat di dalam kehidupan sosial masyarakat dan bagaimana mereka menggerakan roda perekonomian. Kini masyarakat sangat mengandalkan teknologi digital untuk tetap menjalani kehidupan sosial dan ekonomi di tengah kebijakan physical distancing dan PSBB. Apa saja sih perubahan yang terjadi akibat virus corona?

Perubahan Gaya Hidup Sosial & Budaya

Dari survei yang dilakukan, sebanyak 48 persen responden mengaku bahwa kehidupan sosial mereka terganggu akibat virus corona. Salah satu penyebabnya yaitu mayoritas masyarakat Indonesia terbiasa dengan gaya hidup gotong royong dan kentalnya interaksi sosial. Mereka berusaha mencari cara untuk tetap melakukan kegiatan bersosialisasi meskipun ada kebijakan physical distancing yang dianjurkan oleh pemerintah.

Kehadiran teknologi digital menjadi jawaban yang memecahkan masalah ini. Masyarakat kini semakin banyak yang bergantung pada teknologi dunia maya untuk berinteraksi. Belakangan, aktifitas yang lazimnya dilakukan secara bersama-sama di suatu tempat, kini dilakukan secara online. Misalnya saja video conference olahraga bersama atau photoshoot virtual, dan lainnya, seolah-olah sedang berkumpul bersama dalam satu tempat.

Work From Home

Semenjak wabah akibat virus corona, apalagi semenjak diberlakukanny PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada beberapa provinsi, sudah banyak perusahaan mulai dari level kementerian sampai perusahaan berbasis teknologi yang menerapkan kebijakan work from home atau yang akrab disebut WFH. Kebijakan WFH ini dinilai tepat dan efisien untuk mengurangi rantai penyebaran virus corona.

Proses WFH ini sangat terbantu oleh kehadiran teknologi digital, contohnya adalah dimana lazimnya meeting dilakukan tatap muka, tetapi berkat bantuan teknologi digital meeting dapat dilakukan via online melalui platform video call conference. Berkat bantuan teknologi juga semua karyawan di suatu perusahaan dapat memanage dan menjalankan teamwork dengan lebih baik dan mudah.

Masyarakat semakin terbiasa dengan transaksi Non-tunai

Data Youtap menunjukkan bahwa transaksi non-tunai di Indonesia naik secara signifikan hingga 129%. Data internalnya menemukan kenaikan transaksi non-tunai di platform tercatat dari 16 Maret hingga 22 Maret 2020. Ini terjadi dikarenakan masyarakat meminimalisir penggunaan uang tunai karena takut virus menyebar lewat uang tunai. Dalam kondisi ini masyarakat lebih memilih menggunakan uang elektronik dibandingkan uang tunai, selain lebih mudah karena tidak perlu bepergian keluar rumah untuk menarik uang dari bank, juga lebih aman karena tidak memiliki resiko penyebaran virus.

Perubahan Kebiasaan, Khususnya Belanja

Selain meningkatnya tren transaksi non-tunai , data juga mencatat bahwa terjadi perubahan dalam kebiasaan konsumen berberbelanja. Sebelum wabah virus corona, transaksi paling banyak terjadi pada jam makan siang pukul 12.00 WIB dan jam pulang kantor sekitar 17.00 WIB.

Semenjak masuknya virus corona ke Indonesia, 42 persen konsumen memilih untuk menghindari jam-jam ramai tersebut dan mulai berbelanja pada jam-jam yang sepi seperti jam 15.00 WIB. Banyak juga konsumen yang kini memilih berbelanja dengan memanfaatkan bantuan teknologi seperti menggunakan jasa titip ojek online.

Telemedicine : Naiknya Pengguna Dokter Online

Wabah corona menjadi awal kebangkitan dari telemedicine. Klinik online kini menggantikan klinik konvensional yang mulai kewalahan menangani pasien demi pasien virus corona, Selain itu pasien bisa tetap berada dirumah sambil video call dan chatting dengan dokter tanpa perlu pergi ke rumah sakit dan berada dalam satu ruangan dengan pasien yang berpotensi menulari virus.

Berkat bantuan dari teknologi, berbagai aplikasi kedokteran kini menawarkan konsultasi dokter online dengan dokter bersertifikasi. Resep dan obat bisa dikirim dengan kurir ke alamat tujuan si pasien. Tapi semua hal pasti memiliki kekurangannya, Kekurangannya adalah dokter tidak dapat memeriksa langsung pasien.

Setiap krisis pasti akan melahirkan norma-norma dan kebiasaan baru, setelah wabah ini berakhir bukan berarti masyarakat akan 100% kembali seperti semula. Dalam kasus wabah virus corona ini, gaya hidup secara digital akan menjadi hal normal baru dalam kehidupan masyarakat dan akan tetap menjaga sebagian habit online dari mereka. Pelaku bisnis pun harus peka akan perubahan ini dan memaksimalkan teknologi digital yang dimiliki agar mampu bersaing dan mampu memberikan layanan yang memuaskan bagi konsumen.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan! Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda ingin berkonsultasi mengenai digital marketing

 

 

 

 

 

]]>
https://www.calibreworks.com/5-perubahan-signifikan-akibat-corona-apa-saja-itu/feed/ 0 756
Ekonomi Lesu Akibat Corona? 4 Ide Bisnis ini Dapat Membantu Anda! https://www.calibreworks.com/ekonomi-lesu-akibat-corona-4-ide-bisnis-ini-dapat-membantu-anda/ https://www.calibreworks.com/ekonomi-lesu-akibat-corona-4-ide-bisnis-ini-dapat-membantu-anda/#respond Fri, 17 Apr 2020 04:37:06 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=734 Ekonomi Lesu Akibat Corona? 4 Ide Bisnis ini Dapat Membantu Anda! Read More »

]]>
Imbauan physical distancing selama masa pandemi virus corona atau Covid-19 otomatis membuat ruang gerak masyarakat menjadi terbatas, masyarakat dianjurkan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah. Akibatnya banyak bisnis yang angka penjualannya menurun drastis, bahkan sampai harus gulung tikar dan banyak karyawan harus di PHK. Ternyata dampak pandemi virus corona ini juga sangat berdampak pada ekonomi dunia. Mungkin saat ini Anda sedang khawatir memikirkan bagaimana cara bertahan ditengah situasi yang krisis ini, kira-kira apa yah yang bisa Anda lakukan? Nah, artikel yang kami siapkan kali ini dapat membantu Anda menciptakan bisnis di situasi krisis ini!

Alihkan Produk Anda menjadi Online

Pemerintah bahkan WHO meminta kita semua untuk melakukan physical distancing untuk menekan penyebaran virus corona. Situasi ini membuat semua masyarakat tidak dapat bepergian keluar rumah, kalaupun harus keluar rumah, itu hanya untuk hal-hal mendesak saja. Semua bisnis berbasis offline sekarang terancam, apalagi di bidang event, pariwisata, dan hiburan. Maka dari itu disaat situasi krisis seperti ini berjualan via online dapat menjadi salah satu solusi terbaik. Belakangan ini viral seorang tukang sayur yang menawarkan produknya melalui WA, cobalah mencari cara kreatif yang sesuai dengan bisnis Anda.

Berjualan Suplemen atau Alat Kesehatan

Krisis karena virus sudah pasti membuat khalayak ramai menjadi resah dan lebih memperhatikan kesehatan. Saat ini vitamin, masker, hand sanitizer, sedang gencar-gencarnya dicari tetapi barang-barang ini kian hari kian langka keberadaannya. Sebagai seorang pelaku bisnis, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini. Cobalah menjadi supplier/reseller vitamin c atau hand sanitizee, membuat masker sendiri dan menjualnya. Tetapi tetap jual produk Anda dengan harga yang masuk akal ya, dengan ini Anda sudah membantu meringankan beban sesama saat masa krisis ini.

Tutorial Online

Anda memiliki keahlian yang dapat dibagikan lewat sebuah tutorial? Ini dapat menjadi sebuah peluang! Selain untuk mendatangkan keuntungan, keahlian Anda dapat berguna juga bagi orang lain yang membutuhkannya karena pada masa sulit ini banyak sekali kursus/sekolah yang harus ditutup sampai keadaan kondusif kembali.
Coba saja membuat tutorial masak, olahraga, dan kegiatan lainnya yang dapat dilakukan dirumah lalu jual tutorial Anda secara online. Jila tutorial Anda memang saat ini dibutuhkan banyak orang, tentu mereka tidak akan keberatan mengeluarkan uang untuk tutorial Anda.

Tawarkan Masakan Andalan Anda

Walaupun pemerintah telah menetapkan work from home atau yang biasa akrab disebut WFH, nyatanya tak semua sektor dapat bekerja secara online dari rumah. Jika Anda memiliki keahlian memasak, kenapa tidak mencoba menawarkan keahlian memasak Anda? mengingat banyak restoran yang tutup dan tidak semua karyawan yang masih bekerja secara offline memiliki waktu atau keahlian untuk memasak. Di satu sisi kita dapat membantu teman atau saudara kita, di sisi yang lain kita dapat memulai usaha berjualan makanan sendiri. Jika progresnya baik, Anda bisa meneruskan usaha ini lho setelah pandemi ini berakhir! Peluang yang baik bukan?

Masa krisis akibat wabah virus corona atau COVID-19 ini memang sulit. Namun percayalah, tidak ada yang abadi di dunia ini, bahkan pandemi corona ini. Pandemi ini pasti akan berhenti, dan yang sakit pun akan sembuh, dan keadaan akan menjadi pulih kembali! Sebisa mungkin manfaatkan peluang bisnis yang ada agar kebutuhan tetap terpenuhi.  Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut, langsung hubungi Calibreworks saja! Kami selalu siap membantu bisnis Anda berkembang. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Stay safe and stay healthy!

 

]]>
https://www.calibreworks.com/ekonomi-lesu-akibat-corona-4-ide-bisnis-ini-dapat-membantu-anda/feed/ 0 734
4 Trik Digital Marketing Jitu untuk Konsultan, Wajib diterapkan! https://www.calibreworks.com/4-trik-digital-marketing-jitu-untuk-konsultan-wajib-diterapkan/ https://www.calibreworks.com/4-trik-digital-marketing-jitu-untuk-konsultan-wajib-diterapkan/#respond Tue, 14 Apr 2020 14:22:14 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=702 4 Trik Digital Marketing Jitu untuk Konsultan, Wajib diterapkan! Read More »

]]>
Pada masa krisis pandemi virus corona ini semua terasa serba sulit. Krisis ini tidak pandang bulu dan menyerang berbagai sektor dan bidang, termasuk bidang bisnis konsultasi. Banyak yang mengeluh sulitnya bertahan dan mendapatkan customer pada masa-masa ini, apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, artikel kali ini akan membahas apa saja strategi digital marketing yang efektif untuk meningkatkan kualitas promosi dari bisnis konsultasi Anda dan mendapatkan customer-customer baru setiap waktunya, sekalipun disaat krisis seperti ini!

Mencoba Membuat Podcast

Dengan membuat podcast, Anda dimungkinkan untuk berbicara didepan ratusan, bahkan ribuan calon customer potensial Anda! Anda bisa melakukannya dengan cara membuat podcast Anda sendiri secara konsisten atau mencari podcasts yang berhubungan dengan bidang Anda, cobalah ajak bekerjasama dan tawarkan diri Anda sebagai guest di podcast tersebut.

Lupakan dahulu topik tentang skill dan latar belakang edukasi Anda. Audiens akan lebih peduli kepada topik-topik yang ingin dipelajari oleh mereka dan bagaimana Anda dapat membantu mereka dengan keahlian Anda dalam menghadapi permasalahan yang mereka miliki. Jangan lupa maksimalkan efektifitas dari podcast, ajak audiens untuk melakukan tindakan follow up seperti mengunjungi Website, Instagram, LinkedIn atau mengikuti sesi free konsultasi dengan Anda.

Mencoba Content Marketing

Content Marketing bisa menjadi cara ampuh untuk mengedukasi calon customer potensial Anda, menunjukan kepada mereka bagaimana menggunakan jasa Anda dapat membantu permasalahan mereka, dan mengubah mereka menjadi customer setia! Menurut statitiska, sekitar 80% dari bisnis B2B lebih percaya jika mendapatkan informasi melalui artikel daripada melalui iklan, kesempatan yang bagus bukan jika Anda menjalani profesi sebagai konsultan?

Sebagai calon customer, mereka perlu mengetahui berapa kredibilitas Anda dan seberapa Anda menguasai bidang Anda, Maka dari itu artikel yang Anda tulis bisa sangat meyakinkan calon customer Anda bahwa skill yang Anda miliki mampu memecahkan masalah yang mereka miliki. Maka dari itu content marketing layak disebut sebagai strategi efektif untuk para konsultan.

Manfaatkan Social Media Platform

Siapa sih di era ini yang tidak mempunyai sosial media? Rasanya hampir semua orang memiliki sosial media walaupun hanya di 1 platform, entah itu Instagram, Twitter, Facebook, Tik Tok, dan sebagainya. Sosial media sekarang sudah menjadi tempat untuk mencari dan mengakses informasi, bukan hanya sekedar tempat untuk eksis saja, jadi sangatlah efektif jika Anda mulai konsisten mempromosikan diri Anda melalui sosial media!

Bangunlah sosial media Anda secara konsisten, Anda bisa membagikan konten dari website atau blog Anda ke sosial media atau membuat konten untuk sosial media yang relevan dengan kebutuhan calon customer potensial Anda. Manfaatkan juga sosial media Anda untuk menjaga interaksi antara Anda dan calon customer Anda, jawablah beberapa pertanyaan yang mereka lontarkan di sosial media Anda. Strategi ini cocok jika Anda ingin meningkatkan engagement dan menjaga interaksi dengan calon customer.

Email Marketing 

Dalam menjalani bidang konsultasi, aman untuk mengatakan bahwa email marketing sangat relevan dan efektif untuk mendatangkan input yang diharapkan. Untuk menjalani profesi sebagai konsultan, sangat diperlukan untuk menjaga hubungan baik dengan customer atau calon customer, maka dari itu sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menggunakan email marketing.

Mengapa email marketing? melalui email marketing Anda dapat membuat percakapan yang lebih private dimana Anda dapat berlanjut dengan menawarkan konten yang spesifik, seperti menawarkan diskon atau program tertentu. Email juga memudahkan Anda dalam memberikan jawaban yang lebih spesifik dan profesional.

Masih banyak cara untuk menyentuh calon customer potensial Anda melalui digital marketing tentunya. Setelah membaca artikel ini, kira-kira cara yang mana yang akan Anda terapkan? Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk take action! Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai digital marketing untuk konsultan, jangan ragu untuk menghubungi Calibreworks! Kami selalu siap untuk membantu Anda.

]]>
https://www.calibreworks.com/4-trik-digital-marketing-jitu-untuk-konsultan-wajib-diterapkan/feed/ 0 702
5 Cara Jitu Mendapatkan Database Hanya Melalui Website! https://www.calibreworks.com/5-cara-jitu-mendapatkan-database-hanya-melalui-website/ https://www.calibreworks.com/5-cara-jitu-mendapatkan-database-hanya-melalui-website/#respond Fri, 10 Apr 2020 04:23:34 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=691 5 Cara Jitu Mendapatkan Database Hanya Melalui Website! Read More »

]]>
Seringkali saat memulai dan menjalani bisnis, para pebisnis bingung harus mempromosikan produk atau jasanya kemana. Salah satu cara yang paling efektif dan low-csot adalah mempromosikannya kepada database customer Anda.

Database customer biasanya berisikan semua nama pelanggan, alamat, riwayat transaksi dan bahkan data demografis dan psikografis seperti kegiatan dan minat customer. Database customer yang akurat serta lengkap dapat menjadi senjata yang ampuh. Jika dimaksimalkan penggunaannya, maka database customer ini dapat memberikan banyak sekali keuntungan & kemudahan untuk bisnis Anda!

Lantas bagaimana caranya kita mendapatkan database customer? Ada 5 cara yang dapat Anda terapkan. Cara yang pertama adalah…

1. Menawarkan E-Book atau Newsletter

Cara pertama yang baik untuk dilakukan, terutama untuk bisnis yang bersifat B2B. Cobalah menawarkan e-book atau newsletter kepada calon customer melalui website Anda lalu dapatkan data dari setiap mereka yang menginginkan e-book atau newsletter Anda, setelah itu kirimkan e-book dan newsletter melalui email mereka!

Tentunya Anda harus menyiapkan terlebih dahulu materi yang dibutuhkan oleh pengunjung website dan calon customer Anda, contohnya e-book atau newsletter mengenai sertifikasi IT atau info tentang bahasa pemograman yang biasanya dibutuhkan oleh manager dan para karyawan IT, atau mengenai parenting dan tumbuh kembang anak yang biasanya dibutuhkan orangtua. Tentu bukan hal yang sulit untuk mendapatkan database mereka jika e-book atau newsletter yang Anda siapkan sudah sesuai mereka!

2. Menawarkan Produk Gratis atau Free Trial

Siapa yang tidak menyukai hal gratis? rasanya hampir semua, bahkan bisa dibilang semua orang menyukai gratisan. Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan database calon customer Anda lho! Bagaimana caranya? Tawarkanlah beberapa produk dan jasa gratis atau free trial!

Misalnya jika bisnis Anda bergerak dibidang konsultan Anda dapat menawarkan 30 menit konsultasi gratis. Jika bisnis Anda bergerak dibidang kreatif, Anda dapat menawarkan beberapa produk seperti template video, asset desain, stok foto, dan sejenisnya secara gratis. Jika bisnis menawarkan produk seperi software, Cobalah menawarkan free trial selama 2 minggu atau sebulan. Semua itu dilakukan dengan syarat calon customer Anda harus memberikan data mereka terlebih dahulu seperti email atau nomor telepon.

3. Pancing untuk Menjawab Kuis

Cobalah menyajikan kuis ringan sebagai entertainment atau yang bersifat membantu kepada calon customer Anda yang jawabannya akan dikirimkan ke email mereka. Jika bisnis Anda adalah institusi pendidikan, cobalah membuat kuis seperti “Apa Gaya Belajar yang Cocok untuk Kamu?” atau “Jurusan Apa yang Sesuai untuk Kamu?”

Kuis tersebut bersifat membantu calon pelanggan Anda, tentunya orang tertarik terhadap hal yang bersifat menolong mereka dan akan tergerak mengisi kuis itu. Anda juga dapat mencoba kuis ringan yang bersifat menghibur seperti “Apa Kepribadianmu Berdasarkan Style Fashion?” atau kuis sejenisnya. Kuis seperti ini dapat membantu Anda mengetahui minat dan ketertarikan calon customer Anda.

4. Kontes dan Undian

Kesempatan untuk mendapatkan freebies dengan undian melalui email pasti lebih menarik dibandingkan mendapatkan berbagai spam email membosankan. Anda dapat melakukannya dengan sistem undian melalui email, seperti yang dilakukan brand ILoveGin ini. Trik ini dapat menjadi cara yang efektif bagi bisnis B2C untuk mendapatkan calon customer yang potensial!

5. Webinars

Bagi Anda yang belum mengerti apa itu webinars, webinars adalah kependekan dari istilah web seminar. Webinar adalah acara yang berlangsung online dan dihadiri juga secara online, berarti siapa saja bisa membuat acara talkshow, seminar, diskusi, dan workshop hanya dengan modal kamera dan koneksi internet yang lancar. Webinar dapat menjadi strategi ampuh dalam mendapatkan database calon customer Anda.

Webinar bisa dipakai untuk mengumpulkan nama dan email calon customer Anda yang potensial. Cara ini memudahkan Anda ketika ingin mengirimkan info promosi ke mereka. Selain itu webinars juga dapat membantu Anda membangun image dan branding lebih dibanding kompetitor Anda karena dengan webinar, Anda dapat menunjukan seberapa pengetahun dan kapabilitas Anda.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat! Jika Anda ingin memahami dan berkonsultasi lebih lanjut mengenai database customer, Anda dapat menghubungi kami. Calibreworks selalu siap untuk menunjang bisnis Anda kapanpun

 

 

]]>
https://www.calibreworks.com/5-cara-jitu-mendapatkan-database-hanya-melalui-website/feed/ 0 691
Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner, Ini Trik nya! https://www.calibreworks.com/digital-marketing-untuk-bisnis-kuliner-ini-trik-nya/ https://www.calibreworks.com/digital-marketing-untuk-bisnis-kuliner-ini-trik-nya/#respond Mon, 30 Mar 2020 10:54:42 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=641 Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner, Ini Trik nya! Read More »

]]>
Kita sekarang hidup di era yang serba digital dimana semua calon pelanggan kita adalah pengguna Internet. Dunia bisnis pun dituntut untuk terjun ke dunia digital, termasuk bisnis kuliner. Sangat penting bagi bisnis F&B untuk membangun keberadaannya secara online dan jika tidak bisnis bisa saja kehilangan banyak calon konsumennya! Namun masalahnya tidak semua pelaku bisnis F&B mengerti cara melakukan digital marketing yang sukses meningkatkan penjualannya. Berikut kami bocorkan beberapa trik untuk bisnis F&B

Hubungkan dengan Google Maps

Google Maps sangat penting untuk memastikan secara tepat di mana letak dari bisnis F&B Anda. dengan menaruh alamat bisnis di Google Maps calon pelanggan tak perlu takut tersesat. Selain itu hal ini membantu agar pelanggan dapat tag location restoran Anda ketika sedang membagikan momen kunjungannya di sosial media mereka.

Ketika followers pelanggan melihat, akan lebih banyak yang tertarik untuk mengunjungi restoran Anda dan secara otomatis pelanggan Anda sudah mempromosikan restoran Anda. Sebuah iklan secara gratis!

Mengundang Influencers dan Food Bloggers

Tidak dapat dipungkiri saat ini peran influncer di sosial media sangat dapat mempengaruhi orang-orang disekitarnya, terutama para fans dan followersnya. Fenomena ini dapat Anda manfaatkan selaku pengusaha F&B dengan mengundang salah satu food blogger.

Anda dapat memberikan imbalan kepada mereka misalnya mencoba beberapa menu makanan yang gratis. Lalu mereka wajib memberi review dan rekomendasi ke sosial media kepada followers mereka, bisa berupa video review, blog review, dan lainnnya.

Manfaatkan dan Maksimalkan Sosial Media

Sajikan konten-konten sosial media yang menarik. Dalam hal ini bisnis perlu memiliki foto yang bagus dan estetis serta copywriting yang menjual. Konon, ada yang mengatakan bahwa makanan/minuman pertama dicicip lewat mata. Itulah alasan mengapa banyak koki profesional yang totalitas menyiapkan tampilan makanan/minuman yang ia buat. Semakin indah tampilannya, semakin enak di mulut.

Dalam bisnis F&B, foto dapat dikategorikan berhasil ketika mampu menunjukkan kelebihan sajian entah dari warna, tampilan, tekstur makanan, sampai ke cerita dibalik makanan tersebut. Setelah foto, diperlukan sebuah copywriting. Copywriting yang tepat bisa menonjolkan hal-hal yang tak kelihatan dari foto, misalkan sensasi aroma dan rasa, bahan-bahan yang digunakan, dan lainnya. Copywriting bisnis F&B yang baik dapat memainkan imajinasi calon konsumen sehingga calon konsumen menjadi penasaran terhadap menu makanan.

Pantau Situs Review Terkait Bisnis Anda

Internet sudah marak sekali, rasanya semua orang pada era ini pasti mencari informasi melalui internet termasuk mencari review restoran . Penting untuk memastikan dan memantau bagaimana seseorang menilai kualitas dari bisnis F&B Anda. Penilaian pelanggan mengenai restoran Anda akan berpengaruh kepada reputasi bisnis F&B Anda dan penjualan bisnis Anda.

Anda dapat meminta customer Anda memberi rating bintang ke situs review bisnis Anda. Selain itu pastikan informasi di situs review mengenai bisnis Anda lengkap dan sudah diupdate. Informasi tersebut bisa merupakan jam operasi, daftar menu, harga, dan lainnya.

Buat Website untuk Bisnis

Memiliki Website adalah cara yang efektif untuk mendapatkan calon pelanggan dalam jangka panjang termasuk untuk bisnis F&B. Anda bisa menampilkan menu dan kisah dibalik bisnis Anda. Selain itu Anda dapat memanfaatkan website untuk berjualan produk Anda secara online.

Tentunya dengan memiliki website sendiri untuk bisnis Anda dapat membangun branding yang baik bagi bisnis Anda dan memberi kesan lebih profesional dan tercpercaya.

Buat Kontes yang Menarik

Anda dapat mencoba strategi yang satu ini, yaitu dengan membuat kontes yang menarik melalui sosial media. Kontes dengan imbalan hadiah yang menarik akan membuat calon konsumen penasaran dan terpacu mengikuti lomba lalu datang ke restoran atau cafe Anda.

Misalnya Anda dapat membuat lomba food photography bersama produk dari bisnis F&B Anda, lomba review makanan, lomba foto momen kebersamaan saat berkunjung ke restoran atau cafe Anda. Jangan lupa untuk menentukan syarat untuk follow sosial media bisnis F&B Anda atau mention beberapa teman mereka pada caption. Hal ini dapat membantu menyebarkan bisnis F&B Anda lebih luas secara cepat.

Google My Business

Google memang raksasa dalam segala hal di era digital ini dan itu sudah tidak diragukan lagi! Google pun telah menciptakan tool yang dapat membantu untuk membantu bisnis mendapat lebih banyak visibilitas di halaman hasil pencarian, namanya Google My Business.

Google My Business dapat membantu Anda membuat dan mengupdate listingan agar calon pelanggan bisa menemukan bisnis Anda secara online dengan mudah.

Diatas beberapa cara yang dapat digunakan untuk bisnis F&B, tapi tentunya masih banyak lagi cara yang dapat digunakan untuk mendatangkan penjualan lebih besar! Anda dapat menghubungi Calibreworks jika ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai strategi digital marketing untuk bisnis F&B. Semoga Artikel ini bermanfaat!

 

 

]]>
https://www.calibreworks.com/digital-marketing-untuk-bisnis-kuliner-ini-trik-nya/feed/ 0 641
Solusi Agar Bisnis Bertahan di Kala Badai Krisis https://www.calibreworks.com/solusi-agar-bisnis-bertahan-di-kala-badai-krisis/ https://www.calibreworks.com/solusi-agar-bisnis-bertahan-di-kala-badai-krisis/#respond Fri, 27 Mar 2020 13:36:06 +0000 https://www.calibreworks.com/?p=629 Solusi Agar Bisnis Bertahan di Kala Badai Krisis Read More »

]]>
Seleksi alam memang berlaku dalam kehidupan manusia, begitu juga dengan dunia bisnis. Keadaan politik yang berubah-ubah, inflasi, krisis ekonomi, sangat mempengaruhi dunia bisnis. Apalagi belakangan ini kita mendengar bahwa rupiah sangat melemah terhadap dolar akibat pandemi covid-19. Jangankan berkembang, untuk bisa bertahan saja rasanya sudah luar biasa. Tapi jangan terllau khawatir, artikel kali ini akan membantu bisnis Anda untuk bisa bertahan dalam kondisi krisis

Memaksimalkan Kinerja SDM

Biasanya dimasa krisis banyak pebisnis memilih mengurangi jumlah karyawan. Tapi apakah itu langkah yng tepat? Hm, Jangan gegabah dan langsung mengambil keputus dulu, Anda dapat memberikan penjelasan dan berdiskusi pada semua karyawan mengenai situasi krisis ini. Lebih baik Anda memaksimalkan kinerja dari setiap SDM yang ada.

Anda juga bisa mengusulkan kepada semua karyawan yang ada untuk turut serta mempromosikan produk/jasa dari bisnis. Anda dapat mempertimbangkan untuk memberi komisi pada setiap penjualan karyawan diluar tim sales, seperti yang dilakukan Dahlan Iskan  pada saat beliau meminta semuanya turut serta dalam membantu berjualan koran.

Tetapi berbeda jika karyawan Anda sudah benar-benar tidak produktif, memberhentikan karyawan bisa jadi opsi terbaik dalam situasi krisis ini meskipun itu akan menjadi hal yang berat.

Mengembangkan Strategi untuk Mendapatkan Pelanggan

Untuk membuat bisnis Anda tetap bertahan di masa-masa krisis, Anda harus berani mengambil langkah yaitu dengan cara menarik lebih banyak pelanggan daripada pesaing Anda. Cobalah buatlah strategi yang efektif, misalnya menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan baru dan selalu berikan layanan yang terbaik agar pelanggan Anda tetap bertahan dan tidak pergi kemana-mana.

Jika memungkinkan, selalu jaga hubungan baik dengan pelanggan yang setia. Pelanggan setia adalah salah satu peluang jitu untuk mendapatkan lebih banyak lagi penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya promosi untuk menemukan pelanggan baru.

Siapkan Worst Case Scenario

Ketika sedang di masa stabil dan ekomomi sedang baik, akan sangat mudah untuk melakukan disiplin anggaran seperti membayar gaji pegawai, membayar tagihan listrik, atau tagihan-tagihan lainnya. Tetapi berbeda jika alam kondisi krisis.

Masa-masa krisis terkadang sulit ditebak, tidak ada yang bisa memastikan apa yang terjadi dihari esok. Jadi, bersiaplah setiap saat dan siapkan worst case scenario dan terus tinjau bagaimana bisnis Anda berjalan. Jika tidak, bisa aja Anda menemukan bisnis Anda dalam keadaan terpuruk esoknya dengan tagihan yang menggunung. Tentu Anda tidak menginginkannya bukan?

Tingkatkan Upaya Marketing

Dalam masa-masa krisis yang serba tidak pasti ini, banyak bisnis yang membuat kesalahan dengan memotong anggaran untuk melakukan marketing. Padahal apapun bisnis Anda, memerlukan marketing untuk menghasilkan penjualan dan mendapatkan pemasukan.

Marketing membantu calon konsumen untuk menemukan bisnis Anda dan membeli produk/jasa dari bisnis Anda. Disaat seperti ini jangan menghambat aktifitas marketing, Anda bahkan perlu meningkatkan upaya marketing supaya bisnis Anda tetap menghasilkan penjualan.

Manfaatkan Internet dan Digital Marketing

Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya. Jika dirasa biaya untuk marketing saat ini terasa sangat membebankan, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan marketing secara digital. Dengan menjalankan digital marketing, Anda dapat menghemat biaya berkali-kali lipat!

Bahkan dengan biaya yang relatif lebih murah, Anda dapat menjangkau calon customer sampai ke negara dan benua lain. Digital Marketing juga lebih mudah dijalankan. Mari kita ambil contoh dari krisis akibat virus corona yang sedang sekarang menggemparkan banyak orang. Dengan menjalankan digital marketing, Anda bisa memantau dan menjalankan kegiatan marketing dari rumah tanpa perlu takut terpapar virus dari luar rumah.

Memang tidak ada satupun yang bisa menjamin sebuah bisnis bisa 100% kuat dan bertahan dalam situasi yang krisis, namun dengan melakukan tips yang dibagikan diatas kami berharap dapat membantu bisnis Anda tetap bertahan bahkan di situasi paling krisis sekalipun. Jika ingin berkonsultasi lebih dalam mengenai bisnis dan digital marketing, Anda dapat menghubungi Calibreworks karena kami selalu siap membantu. Sehat dan sukses Selalu!

]]>
https://www.calibreworks.com/solusi-agar-bisnis-bertahan-di-kala-badai-krisis/feed/ 0 629