fbpx

Ekonomi Lesu Akibat Corona? 4 Ide Bisnis ini Dapat Membantu Anda!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Imbauan physical distancing selama masa pandemi virus corona atau Covid-19 otomatis membuat ruang gerak masyarakat menjadi terbatas, masyarakat dianjurkan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah. Akibatnya banyak bisnis yang angka penjualannya menurun drastis, bahkan sampai harus gulung tikar dan banyak karyawan harus di PHK. Ternyata dampak pandemi virus corona ini juga sangat berdampak pada ekonomi dunia. Mungkin saat ini Anda sedang khawatir memikirkan bagaimana cara bertahan ditengah situasi yang krisis ini, kira-kira apa yah yang bisa Anda lakukan? Nah, artikel yang kami siapkan kali ini dapat membantu Anda menciptakan bisnis di situasi krisis ini!

Alihkan Produk Anda menjadi Online

Pemerintah bahkan WHO meminta kita semua untuk melakukan physical distancing untuk menekan penyebaran virus corona. Situasi ini membuat semua masyarakat tidak dapat bepergian keluar rumah, kalaupun harus keluar rumah, itu hanya untuk hal-hal mendesak saja. Semua bisnis berbasis offline sekarang terancam, apalagi di bidang event, pariwisata, dan hiburan. Maka dari itu disaat situasi krisis seperti ini berjualan via online dapat menjadi salah satu solusi terbaik. Belakangan ini viral seorang tukang sayur yang menawarkan produknya melalui WA, cobalah mencari cara kreatif yang sesuai dengan bisnis Anda.

Berjualan Suplemen atau Alat Kesehatan

Krisis karena virus sudah pasti membuat khalayak ramai menjadi resah dan lebih memperhatikan kesehatan. Saat ini vitamin, masker, hand sanitizer, sedang gencar-gencarnya dicari tetapi barang-barang ini kian hari kian langka keberadaannya. Sebagai seorang pelaku bisnis, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini. Cobalah menjadi supplier/reseller vitamin c atau hand sanitizee, membuat masker sendiri dan menjualnya. Tetapi tetap jual produk Anda dengan harga yang masuk akal ya, dengan ini Anda sudah membantu meringankan beban sesama saat masa krisis ini.

Tutorial Online

Anda memiliki keahlian yang dapat dibagikan lewat sebuah tutorial? Ini dapat menjadi sebuah peluang! Selain untuk mendatangkan keuntungan, keahlian Anda dapat berguna juga bagi orang lain yang membutuhkannya karena pada masa sulit ini banyak sekali kursus/sekolah yang harus ditutup sampai keadaan kondusif kembali.
Coba saja membuat tutorial masak, olahraga, dan kegiatan lainnya yang dapat dilakukan dirumah lalu jual tutorial Anda secara online. Jila tutorial Anda memang saat ini dibutuhkan banyak orang, tentu mereka tidak akan keberatan mengeluarkan uang untuk tutorial Anda.

Tawarkan Masakan Andalan Anda

Walaupun pemerintah telah menetapkan work from home atau yang biasa akrab disebut WFH, nyatanya tak semua sektor dapat bekerja secara online dari rumah. Jika Anda memiliki keahlian memasak, kenapa tidak mencoba menawarkan keahlian memasak Anda? mengingat banyak restoran yang tutup dan tidak semua karyawan yang masih bekerja secara offline memiliki waktu atau keahlian untuk memasak. Di satu sisi kita dapat membantu teman atau saudara kita, di sisi yang lain kita dapat memulai usaha berjualan makanan sendiri. Jika progresnya baik, Anda bisa meneruskan usaha ini lho setelah pandemi ini berakhir! Peluang yang baik bukan?

Masa krisis akibat wabah virus corona atau COVID-19 ini memang sulit. Namun percayalah, tidak ada yang abadi di dunia ini, bahkan pandemi corona ini. Pandemi ini pasti akan berhenti, dan yang sakit pun akan sembuh, dan keadaan akan menjadi pulih kembali! Sebisa mungkin manfaatkan peluang bisnis yang ada agar kebutuhan tetap terpenuhi.  Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut, langsung hubungi Calibreworks saja! Kami selalu siap membantu bisnis Anda berkembang. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Stay safe and stay healthy!

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *