fbpx

Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner, Ini Trik nya!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kita sekarang hidup di era yang serba digital dimana semua calon pelanggan kita adalah pengguna Internet. Dunia bisnis pun dituntut untuk terjun ke dunia digital, termasuk bisnis kuliner. Sangat penting bagi bisnis F&B untuk membangun keberadaannya secara online dan jika tidak bisnis bisa saja kehilangan banyak calon konsumennya! Namun masalahnya tidak semua pelaku bisnis F&B mengerti cara melakukan digital marketing yang sukses meningkatkan penjualannya. Berikut kami bocorkan beberapa trik untuk bisnis F&B

Hubungkan dengan Google Maps

Google Maps sangat penting untuk memastikan secara tepat di mana letak dari bisnis F&B Anda. dengan menaruh alamat bisnis di Google Maps calon pelanggan tak perlu takut tersesat. Selain itu hal ini membantu agar pelanggan dapat tag location restoran Anda ketika sedang membagikan momen kunjungannya di sosial media mereka.

Ketika followers pelanggan melihat, akan lebih banyak yang tertarik untuk mengunjungi restoran Anda dan secara otomatis pelanggan Anda sudah mempromosikan restoran Anda. Sebuah iklan secara gratis!

Mengundang Influencers dan Food Bloggers

Tidak dapat dipungkiri saat ini peran influncer di sosial media sangat dapat mempengaruhi orang-orang disekitarnya, terutama para fans dan followersnya. Fenomena ini dapat Anda manfaatkan selaku pengusaha F&B dengan mengundang salah satu food blogger.

Anda dapat memberikan imbalan kepada mereka misalnya mencoba beberapa menu makanan yang gratis. Lalu mereka wajib memberi review dan rekomendasi ke sosial media kepada followers mereka, bisa berupa video review, blog review, dan lainnnya.

Manfaatkan dan Maksimalkan Sosial Media

Sajikan konten-konten sosial media yang menarik. Dalam hal ini bisnis perlu memiliki foto yang bagus dan estetis serta copywriting yang menjual. Konon, ada yang mengatakan bahwa makanan/minuman pertama dicicip lewat mata. Itulah alasan mengapa banyak koki profesional yang totalitas menyiapkan tampilan makanan/minuman yang ia buat. Semakin indah tampilannya, semakin enak di mulut.

Dalam bisnis F&B, foto dapat dikategorikan berhasil ketika mampu menunjukkan kelebihan sajian entah dari warna, tampilan, tekstur makanan, sampai ke cerita dibalik makanan tersebut. Setelah foto, diperlukan sebuah copywriting. Copywriting yang tepat bisa menonjolkan hal-hal yang tak kelihatan dari foto, misalkan sensasi aroma dan rasa, bahan-bahan yang digunakan, dan lainnya. Copywriting bisnis F&B yang baik dapat memainkan imajinasi calon konsumen sehingga calon konsumen menjadi penasaran terhadap menu makanan.

Pantau Situs Review Terkait Bisnis Anda

Internet sudah marak sekali, rasanya semua orang pada era ini pasti mencari informasi melalui internet termasuk mencari review restoran . Penting untuk memastikan dan memantau bagaimana seseorang menilai kualitas dari bisnis F&B Anda. Penilaian pelanggan mengenai restoran Anda akan berpengaruh kepada reputasi bisnis F&B Anda dan penjualan bisnis Anda.

Anda dapat meminta customer Anda memberi rating bintang ke situs review bisnis Anda. Selain itu pastikan informasi di situs review mengenai bisnis Anda lengkap dan sudah diupdate. Informasi tersebut bisa merupakan jam operasi, daftar menu, harga, dan lainnya.

Buat Website untuk Bisnis

Memiliki Website adalah cara yang efektif untuk mendapatkan calon pelanggan dalam jangka panjang termasuk untuk bisnis F&B. Anda bisa menampilkan menu dan kisah dibalik bisnis Anda. Selain itu Anda dapat memanfaatkan website untuk berjualan produk Anda secara online.

Tentunya dengan memiliki website sendiri untuk bisnis Anda dapat membangun branding yang baik bagi bisnis Anda dan memberi kesan lebih profesional dan tercpercaya.

Buat Kontes yang Menarik

Anda dapat mencoba strategi yang satu ini, yaitu dengan membuat kontes yang menarik melalui sosial media. Kontes dengan imbalan hadiah yang menarik akan membuat calon konsumen penasaran dan terpacu mengikuti lomba lalu datang ke restoran atau cafe Anda.

Misalnya Anda dapat membuat lomba food photography bersama produk dari bisnis F&B Anda, lomba review makanan, lomba foto momen kebersamaan saat berkunjung ke restoran atau cafe Anda. Jangan lupa untuk menentukan syarat untuk follow sosial media bisnis F&B Anda atau mention beberapa teman mereka pada caption. Hal ini dapat membantu menyebarkan bisnis F&B Anda lebih luas secara cepat.

Google My Business

Google memang raksasa dalam segala hal di era digital ini dan itu sudah tidak diragukan lagi! Google pun telah menciptakan tool yang dapat membantu untuk membantu bisnis mendapat lebih banyak visibilitas di halaman hasil pencarian, namanya Google My Business.

Google My Business dapat membantu Anda membuat dan mengupdate listingan agar calon pelanggan bisa menemukan bisnis Anda secara online dengan mudah.

Diatas beberapa cara yang dapat digunakan untuk bisnis F&B, tapi tentunya masih banyak lagi cara yang dapat digunakan untuk mendatangkan penjualan lebih besar! Anda dapat menghubungi Calibreworks jika ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai strategi digital marketing untuk bisnis F&B. Semoga Artikel ini bermanfaat!

 

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *