fbpx

Bisnis Anda Sepi Pengunjung? Lead Generation Strategy Solusinya!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Dear Business Owners dan Entrepreneurs, bisnis Anda sepi pengunjung? Hmm.. mungkin alasannya karena bisnis Anda belum menggunakan leads generation strategy!

Apa  itu Lead Generation? lead generation  adalah sebuah metode yang menggunakan kombinasi digital marketing dan funnel untuk mendatangkan prospek atau yang biasa kita sebut sebagai leads!

Tujuannya apa? agar leads ini dapat difollowup sehingga menghasilkan penjualan. Biasanya leads didapatkan dari orang yang berkunjung ke website anda yang kemudian memberikan informasi pribadi mereka seperti nama, email dan nomor telepon yang mereka berikan secara sukarela untuk dapat difollow up.

Semua bisnis tentu membutuhkan leads, tetapi sayangnya masih banyak perusahaan yang hanya hanya langsung fokus berjualan atau mencari sales. Padahal, semakin banyak leads yang datang artinya semakin besar kesempatan untuk mencapatkan penjualan.

Bahkan masih banyak yang salah dalam melakukan lead generation. Contohnya menyebar brosur, memasang spanduk, membayar mahal iklan billboard dan kegiatan marketing/sales yang tidak efektif, padahal aktivitas tersebut bukan lead generation karena tidak menghasilkan database yang kemudian dapat di followup.

Ujung-ujungnya hanya membuang uang saja.

Untungnya saat ini digital marketing memudahkan Anda untuk mendapatkan leads asal tahu cara yang tepat. Saya akan mengambil contoh, untuk Anda yang memiliki bisnis cafe/restoran bisa menggunakan flow seperti ini:

  1. Memasang iklan melalui Instagram untuk memancing leads dengan memberikan diskon dengan menunjukkan iklan kita kepada kasir/barista. Nantinya para penuka voucher ini akan diminta datanya untuk dicatat.
  2. Anda juga bisa mengumpulkan leads dalam bentuk follower dengan meminta para pelanggan yang hendak membayar untuk follow akun Instagram bisnis, sebagai imbalannya mereka akan mendapatkan diskon tambahan.
  3. Mengadakan giveaway berhadiah voucher makan untuk mereka yang repost postingan Anda dan mengajak teman-temannya untuk ikut serta,

Lantas bagaimana caranya mulai melakukan Lead Gen strategi ini untuk anda yang masih pemula?. Tidak perlu khawatir, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa anda lakukan

Menggunakan Social Media

Di era digital ini siapa yang tidak menggunakan sosial media? Kebanyakan orang pasti sudah mengenal internet dan social media. Menurut “Digital Around The World 2019”, 150 dari 268 juta penduduk Indonesia menggunakan media sosial setiap harinya. Mereka menghabiskan waktu rata-rata 3 jam 26 menit untuk mengakses media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan sejenisnya.

Social media termasuk salah satu media yang efektif dan relatif lebih murah untuk mengiklankan bisnis Anda. Anda bisa mendapatkan leads melalui social media. Jangkaulah para leads dengan konten disukai dan dekat dengan calon konsumen Anda.

Maksimalkan Opt-in pada website Anda

Secara singkat, opt-in adalah suatu istilah dimana konsumen secara sukarela memberikan alamat email-nya yang berarti konsumen Anda ini memang ingin menerima email dari perusahaan Anda. Makin banyak Opt-in Marketing Mail yang Anda kirim, kemungkinan penjualan Anda juga makin bertambah.

Opt-in biasanya berupa form yang menarik subscriber, tetapi untuk meningkatkan jumlah opt-in tidak harus selalu berbentuk email subscribe. Kunci terpenting dari opt-in adalah untuk membuat tawaran yang semenarik mungkin hingga pengunjung website anda tidak akan menolak untuk mensubcribe. Anda juga dapat memanfaatkan e-books, webinar, template, asset, dan lainnya untuk menarik pengunjung website Anda.

Melakukan Cross Promotion 

Cross promotion biasanya dilakukan oleh dua usaha yang memiliki target pasar yang sama sehingga kedua pihak bekerja sama dalam membuat konten serta promosi. Strategi ini mempunyai cukup banyak keuntungan, salah satunya biaya yang lebih murah dan bersifat win-win solution, dan dapat menciptakan konten promosi yang lebih unik dan menarik. menggunakan, dapat melakukan promosi secara terus-menerus dan memuaskan.

Mungkin strategi ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda. Bentuklah kerja sama dengan kompetitor, saling mempromosikan, bertukar informasi leads, dan melakukan kegiatan yang bermanfaat bersama.

Itulah beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan leads. Nah sekarang giliran anda, siap untuk menerapkan Lead Generation? Jika anda bingung atau tidak punya resource dan tim yang tepat untuk menjalankan leads generation, maka kami dapat membantu Anda.

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download social media audit template gratis

Pastikan Anda isi dengan email aktif anda untuk menerima link downloadnya!