fbpx

Bingung Harus Melakukan Brand Experience Seperti Apa? Yuk Simak Tipsnya Disini!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Sebelum kita masuk ke inti artikel ini tentang tips melakukan brand experience, alangkah baiknya kita menyinggung sedikit tentang pengertian brand experience itu sendiri. Pada dasarnya, brand experience adalah apa yang konsumen rasakan setelah menerima dan menggunakan produk / jasa yang diberikan oleh brand. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca artikel tentang pengertian Brand Experience disini.

Setelah kita mengetahui arti brand experience secara singkat, maka pada artikel kali ini Calibreworks akan memberikan beberapa tips untuk melakukan brand experience.

1. Perhatikan Pengalaman Konsumen

Jauh sebelum memikirkan target penjualan yang harus dicapai, Anda harus benar-benar memperhatikan juga bagaimana brand Anda melayani para konsumen? Bagaimana produk Anda bisa menjadi jawaban atas “permasalahan” mereka? dan lainnya.

Meski penjualan memang harus mencapai target, akan tetapi jika Anda memperhatikan dan memprioritaskan pengalaman konsumen, maka mereka (konsumen) akan memberikan testimoni positif untuk brand Anda. Testimoni ini yang akan mendatangkan lebih banyak konsumen.

2. Pelayanan Responsif dan Ramah

Hampir sama dengan tips pertama, sebagai pemilik sebuah bisnis Anda juga diwajibkan untuk menjaga kualitas pelayanan yang akan diberikan kepada konsumen, dengan begitu Anda bisa membuat konsumen lebih nyaman saat melakukan transkasi. 

Tak hanya itu, setelah melakukan transaksi tentu konsumen punya ekspektasi tinggi terhadap produk/jasa dari brand Anda. Tak bisa dipungkiri, mungkin akan terjadi juga suatu kondisi dimana konsumen protes karna ekspektasinya tak tercapai. Nah, maka dari itu Anda juga tetap harus memberikan pelayanan yang responsif dan ramah. Jangan biarkan kekecewaan konsumen “semakin mendalam” .

3. Berikan Reward

Salah satu elemen terpenting dalam dunia bisnis adalah keberadaan konsumen. Anda dapat  memberikan apresiasi melalui reward untuk konsumen yang loyal atau bahkan konsumen baru agar mereka juga merasakan kesan pertama yang menyenangkan. Reward disini tak melulu berupa benda, Anda bisa saja memberikan potongan, gratis ongkir, atau mungkin undangan untuk menghadiri event khusus.

Masih banyak tips brand experience yang bisa Anda lakukan selain 3 di atas. Anda juga bisa “mengintip” dari apa yang dilakukan oleh kompetitor. Kesimpulannya, dengan memberikan brand experience yang menyenangkan kepada konsumen, Anda dapat menambah jumlah konsumen baru dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.

Jika ada yang masih ingin Anda diskusikan mengenai bisnis Anda khususnya bagaimana bisnis Anda bisa berkembang dengan digital marketing, silahkan daftarkan diri Anda untuk mendapatkan konsultasi GRATIS* .

*selama 30 menit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *