fbpx

Beralih ke Digital Marketing, Perlukah Dilakukan Saat Ini?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Masa Pandemi yang tak kunjung usai membuat masyarakat mengalami ketidakpastian yang berkelanjutan. Apalagi dalam sektor ekonomi, banyak pemilik bisnis yang hampir putus asa dalam menjalani usahanya. Banyak toko-toko offline yang kini tutup efek dari pandemi yang membuat sepinya pengunjung. Pemilik toko tak mendapat pemasukan yang normal seperti biasa sehingga mereka tak sanggup lagi untuk membayar segala operasional yang dibutuhkan.

Tapi, tahukah Anda ada satu hal yang dapat dilakukan oleh pemilik bisnis untuk meningkatkan bisnisnya?

Jawabannya adalah mempromosikan bisnis dengan digital marketing !

Mengapa harus Digital Marketing?

Karena masyarakat yang menggunakan internet sudah sangat meningkat. Mereka mengakses internet setiap harinya melalui smartphone atau pc. Kita juga bisa melihat behavior masyarakat yang kini semakin serba digital. 

Informasi tersebut merupakan momentum yang tepat bagi Anda untuk segera beralih dan mempromosikan bisnis melalui aktivitas-aktivitas digital marketing. Meski Anda harus belajar banyak hal terkait digital marketing, akan tetapi hal tersebut dapat menolong bisnis Anda untuk tetap bertahan, bahkan mempunyai kesempatan untuk semakin melebarkan sayap.

Berikut beberapa contoh aktivitas digital marketing yang dapat Anda lakukan:

1. Sosial Media Marketing

First Thing First, yang perlu Anda lakukan adalah memanfaatkan media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan lainnya untuk mengenalkan dan mengedukasi produk Anda kepada masyarakat, khususnya target market Anda. Kemaslah konten dengan menarik dan kreatif sesuai dengan brand identity Anda, dan rajin-rajinlah untuk membuat konten. Konten marketing yang telah Anda buat bisa dibagikan dalam format single / caroussel image, video, podcast, dan lainnya. 

Dengan memiliki media sosial, akan sangat memudahkan calon konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut terkait brand Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa berinteraksi langsung dan mengenal target market lebih lagi sehingga Anda dapat menyesuaikan konten dan membuat promosi yang tepat.

2. Email Marketing

Selain media sosial, email marketing masih relevan untuk digunakan saat ini. Tak hanya karena sebagian besar masyarakat memiliki email, akan tetapi email merupakan salah satu media yang memberikan ROI terbesar karena low-cost dan high-impact.                         

Anda bisa memanfaatkan beberapa situs email marketing yang tersedia untuk membantu Anda mendistribusikan promo, campaign, dan newslatter lainnya.

3. Artikel / Blog

Artikel / Blog merupakan kegiatan menulis untuk membagikan sebuah informasi terkait topik yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan membuat Artikel / Blog dapat membantu Anda mendapatkan prospek baru, karena meningkatkan visibilitas secara online sembari membagikan informasi yang membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih cerdas.

Jangan lupa untuk optimasi SEO karena semakin banyak konten yang relevan dan berkualitas di website Anda, maka semakin banyak halaman yang dapat diindeks oleh mesin pencari Google.

Ada banyak sekali kegiatan digital marketing yang dapat Anda lakukan selain tiga di atas. Namun, poin pentingnya adalah YA, Anda perlu beralih ke digital marketing. Sudah saatnya Anda mengembangkan bisnis dengan digital marketing! 

Menggunakan digital marketing dapat membantu Anda menghemat biaya, serta memberikan nilai tambah bagi bisnis Anda. Teruslah mempelajari seluk beluk digital marketing agar Anda mendapatkan strategi-strategi yang baru. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggandeng Calibreworks untuk menjadi partner Anda dalam melakukan aktivitas digital marketing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *