fbpx

5 Tools SEO yang Membantu Anda Mengukur Kinerja Website

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Google adalah search engine terbesar dan paling banyak digunakan saat ini, memiliki cara tersendiri untuk melihat kualitas dari sebuah konten di website yang nantinya akan berpengaruh pada peringkat hasil pencarian.

Google terus mengupdate algoritmanya, dan terkadang membuat pemilik website kebingungan. Tapi Anda tidak perlu bingung lagi, karena artikel kali ini akan membahas lima tools yang dapat membantu Anda melihat kualitas dari konten website Anda!

Mari kita langsung bahas, kelima tools ini!

1. Google Webmaster Tools

Memang tak ada yang bisa membuat kita melihat kualitas dengan standar dari Google selain menggunakan software dari Google sendiri. Google Webmaster Tools merupakan sebuah software yang mudah dalam penggunaannya dan akan menunjukkan bagaimana Google menampilkan hasil searching dan apakah konten dari sebuah situs sudah relevan dengan keyword dari pencarian

Dengan Google Webmaster Tools, Anda bisa menganalisa sebuah konten dengan memasukkan sebuah url dan akan terlihat apakah konten sudah memenuhi standar SEO dari Google atau kontennya ternyata malah memiliki kualitas yang buruk.

2. QuickSprout Website Analyzer

Tools yang ini mampu memberikan analisa menyeluruh kondisi sebuah website berdasarkan teknikal SEO yang Anda gunakan, bekerja dengan cepat menggunakan proses analisa menyeluruh mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan teknik pada sebuah website.

Selain cepat, tools ini penggunaannya juga terbilang mudah, pengguna hanya perlu memasukan url, setelah itu tunggu beberapa menit hingga QuickSprout Website Analyzer menunjukkan data analisa dari website. QuickSprout Website Analyzer menganalisa optimisasion SEO, kecepatan, tags, keywords, social, links dan bahkan memberikan perbandingan dengan situs lain.

3. Varvy’s SEO Overview Tool

Tool ini berguna untuk para pemilik website, Varvy’s SEO Overview Tool memiliki basis yang fokus pada keseluruhan faktor sebuah website. Prosesnya cepat, hanya dalam hitungan menit saja. Karena kecepatannya, banyak pengguna yang memanfaatkan tool ini ketika membutuhkan hasil analisis yang cepat untuk situs mereka.

Tool ini akan menganalisa beberapa hal penting, seperti link, image SEO, kekuatan domain, kecepatan sebuah halaman saat diakses,
faktor yang berhubungan dengan media sosial seperti mention, dan lainnya. Varvy’s SEO Overview Tool juga memiliki tool Image SEO, yang nantinya akan menganalisa kekuatan SEO pada image yang ada di url yang dimasukkan.

4. RankingCoach

Tool ini akan memberi tahu apa saja yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat di Google. RankingCoach membantu Anda untuk bisa meningkatkan peringkat di Google, menganalisa dan memonitor website Anda agar tetap berada di peringkat atas, sekaligus menjadi sebuah tool online marketing.

Tak perlu menunggu dengan lama, peringkat website akan bertahap meningkat selama Anda tetap konsisten melakukan optimasi website. Tool ini tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris, juga tersedia lebih dari 1000 video dan alat analisa yang lengkap.

5. SEO SiteCheckup

SEO SiteCheckup memberi informasi tentang nilai SEO website dan bagaimana Anda dapat memperbaiki masalah yang mereka temukan seperti kecepatan website, keamanan, dan apakah website Anda sudah mobile friendly. Cukup dengan memasukkan url, Anda sudah bisa melihat performa SEO website tersebut.

Tetapi versi gratis dari tool ini hanya memberi akses yang terbatas, sisanya Anda harus mau merogoh kantong untuk menikmati fitur sepenuhnya.

Tools yang sudah disebutkan diatas memiliki fungsi yang kurang lebih sama, tetapi masing-masing tools memiliki keunggulannya sendiri.
Dari tools yang disebutkan diatas, apakah ada yang sudah pernah Anda coba dan gunakan ? Jika Anda menggunakan tool SEO lain yang tidak disebutkan di atas, Silahkan berbagi di kolom komen di bawah!

Tertarik untuk membahas dan berkonsultasi lebih lanjut mengenai SEO, website, dan bisnis? Jangan ragu menghubungi Calibreworks!

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *