fbpx

5 Tips Analisa Strategi Konten Milik Kompetitor, Tingkatkan Penjualan Anda!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Hello para pemilik bisnis, sekarang ini konten merupakan senjata ampuh yang dapat dipakai untuk membidik target pasar sebuah bisnis, tapi sayangnya membuat konten memang tak semudah membalik telapak tangan, apalagi jika Anda memiliki kompetitor yang memiliki konten yang berkualitas. Lalu apa solusinya? Pantaulah strategi konten milik kompetitor Anda! Memantau strategi konten marketing milik kompetisi adalah langkah penting bagi Anda untuk mengembangkan strategi marketing bisnis yang Anda miliki. Pada artikel kali ini akan dibahas taktik memantau strategi konten dari kompetitor Anda.

1. Berlangganan Email Updates Kompetitor

Dengan berlangganan newsletter atau email updates kompetitor, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang topik konten, strategi konten, jenis konten, cara penyampaian dalam konten, dan frekuensi konten mereka. Anda bisa berlangganan newsletter atau email updates melalui website kompetitor menggunakan alamat email pribadi Anda, jangan gunakan email bisnis atau mencantumkan nama bisnis Anda.

2. Analisa Hashtag atau Keyword Terbaik yang Digunakan

Dengan memiliki keyword yang tepat pada website Anda otomatis akan meningkatkan peluang website bisnis Anda  muncul dalam halaman awal search engine, atau hashtag yang tepat jika Anda menggunakan sosial media. Untuk dapat menyaingi kompetitor Anda, coba lakukan analisa terhadap hashtag dan keyword apa saja yang mereka gunakan, Anda dapat menggunakan bantuan tools. Pantaulah hashtag atau keyword mana saja yang kompetitor Anda gunakan dan berdasarkan data yang ada Anda dapat menganalisa hashtag atau keyword mana yang memiliki performa terbaik.

3. Tinjau Konten dengan Engagement Terbaik

Anda dapat mempelajari tentang strategi konten marketing dari kompetitor dengan menganalisa dan meninjau konten dengan engagement terbaik. Anda harus menganalisa apa yang membuat konten itu menjadi konten populer dan menarik bagi audiens, Misalnya, konten jenis apa yang mendapat engagement tertinggi, copywriting seperti apa yang digunakan kompetitor Anda, bagaimana mereka memancing audiens untuk berinteraksi, dan lain-lainnya.

Dengan melakukan tinjauan dan analisa terhadap konten dengan engagement terbaik dari kompetitor dan mengumpulkan wawasan tentang apa yang menarik bagi audiens dapat membantu Anda mengembangkan strategi content marketing untuk bisnis Anda.

4. Menganalisis Konten Video

Saat ini, video marketing telah memainkan peranan sangat besar dalam upaya menjangkau customer dan brand campaign. Sebuah studi yang dilakukan Cisco menunjukkan bahwa pada 2019, 81% dari lalu lintas internet para penggunanya adalah berupa video. Anda harus mencari tahu apakah kompetitor Anda menggunakan strategi video marketing ini dan apakah mereka mencari engagement seperti share, likes, dan comment.

Cari tahu dan analisa video mana saja yang paling banyak dilihat dan mendapat engagement tertinggi. Evaluasi setiap hal dalam video seperti isi video, judul video, cara penyampaian video, dsb. Catat hal-hal apa saja yang dapat Anda pelajari dari strategi video kompetitor Anda, bahkan jika diperlukan Anda dapat mensubscribe channel Youtube atau platform video kompetitor Anda.

5. Memantau Detail dari Website Kompetitor

Anda harus selalu memantau dan mengamati situs web atau blog kompetitor, fungsinya yaitu untuk mengetahui setiap perubahan atau inovasi dalam desain atau dalam strategi yang dilakukan kompetitor Anda. Misalnya, mencari tahu apakah kompetitor Anda meluncurkan produk atau layanan baru serta bagaimana strategi yang mereka lakukan dalam menyampaikan pesan dan dalam pemasarannya.

Selain itu mengevaluasi konten kompetitor juga tidak kalah penting. Anda harus mengamati bagaimana cara kompetitor membuat konten, konten jenis apa yang mereka buat, apakah konten mudah dimengerti dan relevan, bagaimana mereka mengatur konten mereka? Semua itu penting untuk Anda analisa.

Masih banyak cara untuk Anda memantau strategi konten milik kompetitor. Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut dan masih bingung bagaimana membuat strategi konten yang mampu meningkatkan penjualan, jangan ragu menghubungi Calibreworks! Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat!

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *