fbpx

5 Strategi Mempertahankan Bisnis UKM Saat Krisis Covid-19

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kasus virus corona semakin tinggi di Indonesia. Semakin lama corona menetap, memang semakin banyak bisnis yang menjerit dan tak terkecuali UKM! Memang sebagian sektor bisnis mengalami peningkatan penjualan disaat pandemi ini, tetapi kebanyakan bisnis malah sulit bertahan bahkan harus gulung tikar. Nah pada artikel kali ini akan dibahas strategi untuk tetap bisa bertahan khususnya untuk UKM

Jangan Hanya Memikirkan Penjualan tapi Harus Jadi Solusi

Biasanya sebagai seorang pengusaha bisnis, pikiran yang paling sering melintasi adalah bagaimana melakukan penjualan dan mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Sayangnya pada kondisi dimana semua orang kesusahan akibat covid-19 ini, mindset yang hanya memikirkan penjualan belum tentu akan membawa Anda kepada penjualan

Cobalah pikirkan bagaimana bisnis Anda dapat menjadi solusi bagi pelanggan Anda di tengah situasi krisis pandemi ini. Tawarkan lah penawaran lebih atau bonus produk lebih bagi pelanggan Anda karena pelanggan Anda juga membutuhkan dukungan di kondisi ini.

Berfokus pada Pelanggan yang Sudah Setia

Untuk bertahan memag bisnis memerlukan pelanggan-pelanggan baru, tetapi kondisi pandemi ini mungkin akan menyulitkan Anda mencari pelanggan baru. Pada saat ini, dibanding berfokus mencari pelanggan baru, tidak salah kok kalau Anda lebih fokus menargetkan pelanggan setia yang memang sudah pernah bertransaksi dengan Anda karena pelanggan setia Anda pasti sudah percaya pada produk Anda dan mereka akan lebih memaklumi kendala seperti pengiriman yang lama atau stok yang terbatas. Anda juga bisa memberikan promo-promo yang memang diperlukan untuk menarik pelanggan setia Anda untuk terus melakukan transaksi.

Lakukan Inovasi Sesuai Kebutuhan

Semua hal memang dituntut untuk bisa beradaptasi dan berinovasi, begitu juga dengan bisnis UKM, Cobalah amati secara teliti peluang apa saja yang ada saat pandemi ini dan sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan Anda, ini adalah salah satu strategi yang mampu mempertahankan bisnis UKM Anda ditengah krisis. Contohnya beberapa waktu lalu kebutuhan akan masker sangat meningkat padahal stok semakin menipis. Untuk UKM yang bergerak dibidang clothing, Anda dapat mencoba memberi masker gratis sebagai bonus dari pembelian.

Walaupun Anda tidak bergerak dibidang clothing tidak ada salahnya juga untuk menjadi fleksibel demi mempertahankan bisnis UKM Anda, intinya Anda perlu unuk menjadi fleksibel dan terus berinovasi ditengah krisis untuk tetap bertahan.

Tunjukan Jaminan Keamanan Produk

Ditengah-tengah kondisi yang penuh ketidakpastian ini, pelanggan Anda sangat mengharapkan dan membutuhkan kepastian dan jaminan. Semua orang sekarang sedang resah apalagi menyangkut kehigienisan suatu produk yang mereka akan gunakan. Maka dari itu penting bagi bisnis UKM Anda untuk memberikan jaminan dan kepastian dari akan kualitas.

Perhatikan setiap detail yang ada dan hindari segala kesan negatif yang dapat merusak image bisnis Anda, caranya Anda dapat membuat video atau apapun yang menjadi bukti jaminan kualitas dan keamanan, ini membuat pelanggan Anda semakin percaya pada bisnis Anda.

Maksimalkan Pemasaran dengan Konten dan Internet

Anda sangat bisa memasukkan konten konten yang relevan dengan kondisi saat ini. Misalnya jika bisnis ukm Anda bergerak dibidang makanan, maka coba buat konten tentang makanan dan gizi yang cocok untuk dikonsumsi saat pandemi agar bisa menaikkan imunitas tubuh. Kalau bisnis Anda bergerak UKM Anda bergerak dibidang kesehatan, Anda dapat membuat konten tentang pola hidup sehat dan pentingnya olahraga saat adanya pandemi.

Diakhir atau ditengah-tengah konten, Anda dapat menawarkan produk Anda loh sebagai solusi dari kebutuhan pelanggan saat pandemi ini.

Kondisi sekarang memang membuat banyak orang kesulitan dan serba kebingungan, tetapi semua dapat Anda atasi dengan strategi yang tepat. Tentukan strategi yang tepat bagi bisnis Anda dan teruslah berinovasi dan mengevaluasinya. Akhir kata, semoga artikel ini dapat berguna bagi bisnis Anda. Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai strategi bisnis, jangan ragu untuk menghubungi Calibreworks! Sehat selalu!

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *