fbpx

5 Strategi Digital Marketing yang Mampu Membidik Milenial

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Salah satu tantangan untuk pemilik brand dan business owner adalah menarik perhatian, minat dan hati dari generasi millenials. Banyak perusahaan yang harus habis-habisan berpikir out of the box hanya demi mendapatkan atensi dari generasi millenials ini. Namun jika berhasil, hasilnya akan benar-benar membuat perbedaan.

Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1990-an atau awal tahun 2000-an dan sudah bukan rahasia lagi bahwa generasi milenial adalah target pemasaran yang potensial! Generasi milenial saat ini mendominasi dan menjadi faktor utama pertumbuhan ekonomi, terlebih generasi milenial memiliki daya beli yang tinggi, maka dari itu penting bagi pelaku bisnis untuk mengenali karakter generasi ini dan memahami strategi marketing yang tepat untuk para milenials karena generasi milenial memang memiliki karakteristik yang unik. Berikut 5 strategi digital marketing yang tepat untuk menggaet generasi milenial

1. Tantanglah Kreatifitas Generasi Ini

Harus disadari bahwa generasi milenial adalah generasi yang mudah bosan, selalu tertarik dengan hal-hal yang menantang, dan suka dengan hal-hal baru, untuk itu cobalah untuk membuat kuis seperti giveaway atau challenge yang dapat meningkatkan brand awareness dari brand Anda. Konsep dari kuis atau giveaway yang Anda buat haruslah mengasah otak dan kreativitas dari para generasi milenial. Semakin ‘nyeleneh’ dan unik kuis dan giveawaynya, semakin generasi milenial ini tertantang untuk mengikutinya. Cara ini juga sangat membantu untuk meningkatkan traffic bisnis Anda.

2. Tampilkan Cerita Behind the Scene

Generasi milenial menyukai hal-hal yang transparan . Mereka tertarik dengan cerita dan proses dibalik bayar atau fakta unik suatu produk. Menarik perhatian generasi milenial dengan menampilkan kisah dibalik layar tentang apa yang bisnis Anda lakukan, tentang produk atau layanan Anda, dan pancing mereka untuk mengetahui lebih banyak dan memberikan feedback. Sertakan video dan foto yang berkualitas tinggi untuk memberi nilai tambah pada konten behind the scene.

3. Perhatikan Dimana Generasi Milenial Berada

Perlu diingat bahwa kaum milenial adalah generasi serba gadget dan internet. Mereka terbiasa berkomunikasi lewat gadget, belanja lewat gadget, dan mencari hiburan atau informasi melalui gadget. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mampu menjangkau mereka di platform manapun mereka berada. Selalu perhatikan platform apa yang sedang marak digunakan oleh milenial dan sesuaikan dengan bisnis Anda.

4. Berikan Generasi Milenial Pengalaman, Bukan Produk

Generasi Milenial tidak tertarik dengan hard selling, mereka tumbuh besar dengan internet dimana mereka bisa mengakses banyak informasi dan hal menarik didalamnya sehingga iklan biasa akan sangat membosankan untuk generasi milenial. Seperti yang disebutkan di poin pertama, generasi Milenial terkenal lebih menyukai hal-hal baru, tantangan, dan sangat mengagungkan pengalaman. Untuk itu, soft selling dengan menawarkan pengalaman baru adalah cara paling tepat untuk menggaet generasi milenial.

Generasi ini tidak terlalu peduli seberapa ‘wah’ produk Anda, mereka lebih tertarik pada manfaat produk atau layanan Anda bagi mereka dan pengalaman apa yang mereka bisa dapatkan jika menggunakan produk atau layanan Anda

5. Gunakan Influencer Marketing

Ingat bahwa generasi milenial adalah generasi internet dan gadget dimana mereka bisa dengan mudah menemukan berbagai informasi di internet, oleh karena itu mereka akan sangat percaya pada review dan rekomendasi yang mereka temukan di internet. Generasi milenial akan mudah terpengaruh oleh promosi dan rekomendasi dari influencer dan selebgram di sosial media. Tapi Anda tidak bisa sembarang memilih influencer, untuk memilih influencer yang tepat Anda bisa mencari di platform seperti socialbuzz.

Itulah beberapa strategi digital marketing untuk milenial yang dapat diterapkan pada bisnis Anda untuk menggaet generasi serba gadget dan kekinian ini. Memasarkan produk atau pelayanan pada generasi milenial memang agak sulit karena generasi ini terbilang unik, tapi jangan khawatir jika Anda masih bingung karena Calibreworks siap membantu Anda! Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda ingin berdiskusi mengenai bisnis Anda. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *