fbpx

5 Ide Leads Generation Campaign untuk Meningkatkan Sales

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Hi Marketer & Business Owners, jika kalian sudah mulai berpindah ke digital pasti sadar perlunya strategi lead generation campaign yang efektif, karena terlalu banyak ide, terlalu banyak hal yang bisa dilakukan… tapi belum tentu efektif. Jadinya malah information overload.

Pada artikel kali ini kita akan membahas ide leads generation yang terbukti efektif dan perlu diikuti oleh setiap perusahaan dan individu yang menggunakan digital marketing, simak artikel berikut ini yang dapat membantu Anda meningkatkan angka penjualan!

Ciptakan dan Bangun Komunitas Anda Sendiri

Cobalah bangun sebuah komunitas yang menggunakan forum atau grup. Contohnya Anda bisa membangun komunitas di facebook atau kaskus yang terdiri dari orang-orang yang berbisnis, atau para manager, para pecinta musik, para pecinta bola, dan lain-lain. Tentunya anggota komunitas Anda harus spesifik dan sesuai dengan target pasar kalau tidak Anda akan kesulitan menjual produk nantinya.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang dalam komunitas ini akan saling berkomunikasi dan akan menemukan produk atau jasa Anda. Ini meningkatkan peluang mereka untuk membeli produk Anda. Pikirkan komunitas apa yang ingin Anda bangun, dan bagaimana menarik perhatian mereka untuk membeli produk Anda.

Develop Tools Gratis Yang Berguna Untuk Custome Anda

Ide yang kedua, yaitu ciptakan tools gratis yang akan berguna bagi target pasar Anda. Contohnya, bisa berupa Anti virus dengan fitur-fitur gratis. Tenang saja, Anda tidak rugi kok walau memberi tools secara gratis, karena melalui tools gratis yang sudah Anda beri, Anda bisa menawarkan produk premium Anda yang lainnya.

Ini merupakan strategi yang tepat karena audiens akan cenderung membeli produk Anda yang lain ketika mereka puas dengan produk atau jasa Anda yang sudah pernah mereka gunakan sebelumnya. Coba pikirkan, tools apa yang hanya memerlukan budget kecil tapi dapat berguna untuk target pasar Anda?

Membangun Kerjasama dengan Partner yang Melengkapi

Lakukan kerjasama dengan partner yang bisa melengkapi produk Anda. Tentunya sebagai imbalan, nantinya Anda dapat bertukar informasi leads kepada partner Anda. Sebagai contoh jika bisnis Anda bergerak di bidang Web design, coba bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak dibidang SEO.

Biasanya konsumen di kedua bidang web design juga tertarik kepada SEO. Strategi ini dapat menjadi win-win solution selama partner yang Anda ajak kerjasama tidak menawarkan produk atau jasa yang sama alias kompetitif.

Mengadakan Kampanye Kontes Viral

Jika dilakukan dengan pendekatan strategis, sebuah kontes yang viral bisa menjadi cara ampuh untuk mendapatkan leads! Tawarkanlah hadiah spesifik yang sesuai dengan kebutuhan target audiens Anda. Hindari hadiah-hadiah yang terlalu umum seperti motor, handphone, dan sejenisnya. Hadiah semacam ini memang akan menarik banyak audiens, tetapi belum tentu mereka sesuai dengan target pasar Anda.

Setelah itu buatlah landing page untuk kontes dimana calon konsumen dapat memasukkan email mereka. Lalu tawarkan kesempatan lebih untuk menang jika mereka untuk share kontes Anda ke teman-temannya. Anda juga bisa lho mencoba bekerjasama dengan partner yang memiliki target audiens yang sama dengan bisnis Anda, ini meningkatkan angka peserta yang mengikuti dan share kontes Anda.

Menawarkan Seri Kursus Pendek Melalui Email

Sering dijumpai para bloggers dan website yang bergerak di bidang kursus atau pendidikan melakukan strategi ini untuk mendapatkan banyak signups baru. Ide ini dijalankan dengan mengirimkan kursus via email dengan tujuan agar target audiens melakukan sign up dan berujung membeli versi full dari paket kursus.

Anda tetap bisa menggunakan strategi ini kok walaupun bisnis Anda tidak bergerak di bidang kursus atau pendidikan. Tawarkan saja e-book atau materi yang berseri, contohnya jika bisnis Anda bergerak di bidang web design Anda dapat membuat 5 part email tips dasar cara mendesain website.

Sekian beberapa ide strategi yang dapat kita bagikan. Ide ini hanyalah contoh kecil dari banyak ide lead generation yang bisa di explore. Dari semua ide diatas, yang mana yang paling Anda sukai?

Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi, jangan ragu untuk menghubungi Calibreworks!

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu!

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *