fbpx

5 Hal Yang CEO Perlu Prioritaskan di Era New Normal

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Hi, Business Owners,

Semenjak pandemi Covid-19, sadarkah Anda bahwa sebagian besar sektor bisnis mulai beradaptasi dengan sistem kerja yang baru? Para pemilik bisnis pada akhirnya mulai merambah ke arah digitalisasi serta menata ulang sistem kerja mereka. Meski cara ini bisa dibilang berhasil, namun faktanya hal ini tidak cukup untuk menghadapi era kedepannya (New Normal atau Pasca Pandemi Covid-19) Para pemilik bisnis harus mampu memikirkan bagaimana mereka dapat menjalankan bisnisnya dengan efektif dan efisien agar bisa terus berkembang dan bertahan. 

Business Owners, disadari atau tidak, pandemi ternyata telah memainkan peran yang cukup penting pada sistem ekonomi global di masa depan, serta mempercepat sejumlah tren yang ada di masyarakat. Menurut para eksekutif global, setidaknya ada 5 hal yang perlu jadi prioritas para pemimpin bisnis pertimbangkan untuk menjalankan bisnis di era New normal ini, seperti:
Related Content: 5 Perubahan Signifikan Akibat Corona, Apa Saja Itu?

1. Terapkan strategi utama untuk keberlanjutan masa depan

Menyadari bahwa lingkungan telah memberi kontribusi yang besar bagi manusia, banyak perusahaan yang akhirnya mulai memperhatikan keberlangsungan lingkungan, dengan menerapkan go green. Hal yang berkaitan lingkungan mulai menjadi isu penting yang harus diprioritaskan para pemimpin perusahaan saat ini. Pasalnya, masyarakat kini juga mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan mulai menyuarakan hal tersebut. Para pemimpin harus peka, untuk turut mendukung aksi ini jika tidak ingin dituntut bahkan kena boikot masyarakat. Karena selama ini, pabrik-pabrik atau proyek dari perusahaan besarlah yang sering dianggap sebagai perusak lingkungan paling utama

Tidak ada salahnya dengan memprioritaskan lingkungan. Alih-alih merugi, perusahaan justru bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak karena menerapkan sistem go green. Pasalnya, Iklim investasi dan bisnis kini sangat memperhitungkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola usaha. Para investor akan lebih memilih perusahaan yang bisnisnya tidak merusak lingkungan. Selain itu, tentu perusahaan Anda akan mendapat reputasi yang baik di mata publik. 

Beralih ke digitalisasi merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan perusahaan untuk agar tetap relevan dan survive di masa depan. Dengan kegiatan yang semuanya serba digital, tentu akan mengurangi limbah pencemaran lingkungan, hasil kerja pun akan jauh lebih efektif dan efisien. Proses digitalisasi bisnis menjadi sebuah keharusan dan prioritas, karena perusahaan yang menerapkan digitalisasi pastinya memiliki keunggulan kompetitif jangka panjang.
Related content: Ekonomi Lesu Akibat Corona? 4 Ide Bisnis ini Dapat Membantu Anda!

2. Beralih ke Cloud-based Solution

Semakin lama bisnis beroperasi, maka tentu jumlah data yang diproduksi & disimpan akan semakin banyak, sehingga handlingnya semakin kompleks. Pastinya kita ingin mencari cara bagaimana kita dapat mengakses secara mudah diantara begitu banyaknya data jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Selain itu, Proses bisnis yang kompleks tentu akan menambah tingkat kesulitan perusahaan yang sedang berjalan karena harus memproduksi data yang sangat banyak dan membutuhkan data yang semakin fleksibel untuk diintegrasikan ke manapun. Oleh sebab itu, perusahaan perlu mengalihkan data-datanya untuk disimpan di cloud. Tujuannya, agar semua asset yang digunakan oleh perusahaan  dapat saling terintegrasi dan mudah digunakan, juga, dapat menambah tingkat efisiensi karena tidak perlu menambah skala ruang penyimpanan. 

Yang paling penting, menggunakan Cloud untuk menyimpan data-data perusahaan juga terbukti lebih aman. Hal ini dikarenakan data yang masuk ke Cloud akan disimpan di server dan di enkripsi oleh penyedia cloud service dan layanan cloud, yang dapat menjamin keamanan data, seperti jaminan ISO, data pribadi, platform teknologi dan lain sebagainya.

3. Gali Lebih dalam Bakat-bakat yang Ada

Business Owners, di depan akan banyak orang-orang yang lebih kompeten dari Anda dan perusahaan Anda. oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mengembangkan bakat Anda dan para karyawan Anda, gali segala potensi yang bisa diasah dan dikembangkan, karena bakat adalah sumber daya dan aset perusahaan yang paling penting, yang tidak dimiliki semua orang.

Anda bisa mengembangkannya dengan melatih dan memberdayakan tim kecil; seperti Anda bisa mengasah bakat dari karyawan berdasarkan keterampilan yang mereka miliki, karena pada akhirnya, ketika Anda memiliki karyawan yang berkualitas, maka hal tersebut secara tidak langsung akan berpengaruh pada perkembangan perusahaan kedepannya.

4. Bergerak Lebih Cepat dari Sebelumnya

Disadari atau tidak, adanya pandemi ternyata memaksa banyak perusahaan untuk bergerak cepat lebih cepat, lebih maju dari sebelumnya. Pemimpin perusahaan harus terus memikirkan inovasi-inovasi baru agar perusahaannya bisa satu langkah didepan dibanding kompetitor. Misalnya, dengan melakukan investasi pada rancangan teknologi-teknologi terbaru dan terkini yang dapat mampu mempermudah kinerja karyawan juga mengoptimalkan bisnis 

5. Tujuan Bisnis Yang Jelas dan Fokus pada Hal Tersebut

Sangat penting bagi para pemimpin bisnis untuk memiliki goal atau tujuan dari bisnis yang dibangunnya. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kita akan tahu, kemana bisnis ini ingin diarahkan. Selain itu, kita juga bisa lebih mudah untuk mengukur keberhasilan dan laju pertumbuhan dari perusahaan kita. 

Perusahaan yang memiliki tujuan yang jelas, tentu akan jauh lebih disenangi oleh para karyawannya, para karyawan tentu akan merasa tertolong bila perusahaan mengetahui dengan jelas apa yang diinginkan oleh perusahaan, karena tujuan yang jelas membuat segala sesuatu menjadi mudah untuk di kalkulasikan termasuk resiko dan apa yang akan dihadapi dan pemecahan masalahnya, selain itu, tujuan yang jelas juga akan meningkatkan semangat karyawan untuk bisa fokus terhadap apa yang sedang mereka kerjakan dan apa yang akan terjadi di masa mendatang, memotivasi mereka untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya tersebut.

Nah, Business Owners, itu tadi 5 hal yang sebaiknya jadi prioritas bagi para CEO atau pemimpin bisnis pikirkan untuk menghadapi era new normal. Tentunya kelima prioritas ini sangat nisa Anda sesuaikan dengan objektif perusahaan masing-masing, ya. Yang jelas, dengan Anda mengetahui dan menguasai lima prioritas ini akan secara substansial meningkatkan peluang keberhasilan bagi bisnis Anda.

Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jika Anda memiliki pertanyaan seputar bisnis dan digital marketing, maka jangan ragu untuk menghubungi Calibreworks, karena kami siap membantu Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *