fbpx

5 Hal Penting yang Ada di Website Agar SEO Friendly

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Website yang SEO friendly memiliki banyak keuntungan yang pastinya membawa leads berkualitas untuk bisnis Anda !

Ada berbagai macam faktor penentu yang membuat website kamu jauh lebih sedap dipandang, mudah dipahami, atau UI/UX yang friendly. Dan menurut hasil riset dari google, website yang memiliki desain dan kemudahan bagi penggunanya juga menentukan ranking dari website itu sendiri.. semakin bagus dan mudah digunakan, semakin tinggi juga ranking yang diperoleh dari sebuah website yang Anda miliki. Selain itu, ada banyak faktor yang menentukan bahwa website itu mudah digunakan dan sedap dipandang antara lain ;layout/tata letak element, desain sebuah website, konten, dan lain-lain.

Terus apa aja sih emang yang bikin website itu User Friendly?

 

USER EXPERIENCE

User Experience atau biasa dikenal UX adalah bagaimana pembaca atau pengguna (user) berinteraksi dengan web kita. Misalnya, berapa lama pembaca berada di web Anda, halaman apa saja yang dikunjungi, tautan mana yang diklik, dll. Selain konten yang menarik, situs yang mudah digunakan juga membuat pembaca betah berlama-lama di situs website kita.

LAYOUT WEBSITE YANG USER FRIENDLY

Seperti prinsip desain grafis pada umumnya, tata letak sebuah website juga harus memerhatikan prinsip-prinsip dasar seperti:

Sequence: Urutan perhatian atau aliran informasi.
Emphasis: Penekanan pada bagian-bagian tertentu atau menonjolkan hal yang paling penting dari layout.
Balance: Teknik pengaturan bidang layout (simetris dan asimetris).
Unity: Kesatuan seluruh elemen layout.

 

Navigasi Website 

Pada dasarnya, layout website tergantung pada kebutuhan situs web itu sendiri. Tapi, ada beberapa elemen dasar yang sebaiknya ada agar situs web kita lebih SEO friendly, diantaranya adalah:

– Navigasi – Navigasi berupa link yang memudahkan pembaca untuk menjelajahi situs web Anda. Anda boleh menggunakan satu navigasi di bagian atas atau menggunakan keduanya. Jika menggunakan dua navigasi, letakkan topik yang lebih umum di bagian atas dan topik yang lebih detail di bagian kiri laman. Cara lainnya adalah dengan membuat navigasi drop down menu.

– Daftar isi – Daftar isi yang diletakkan di awal setiap laman utama akan memudahkan pembaca menemukan apa yang mereka cari.

– Sitemaps – Sitemaps berisi informasi navigasi secara keseluruhan.

– Las updated – Berisi informasi kapan terakhir kalinya situs web Anda di-update.

– Sidebar – Anda bisa meletakkan informasi penting atau link di sidebar. Misalnya, widget/gadget subscriber atau promo yang sedang berlangsung.

– Tombol search – Tidak semua pembaca tahu persis apa yang sedang mereka cari di situs web Anda, itu sebabnya tombol “search” diperlukan dan mempermudah sekali dalam pencarian si pengguna (website).

TAGS

Membagi konten ke beberapa bagian bukan hanya memudahkan user untuk mencerna informasi, jika digunakan dengan benar, pembagian konten dan penggunaan tag juga bisa mendongkrak SEO. Diantaranya adalah:

– Title tag – Title tag akan terlihat di beberapa tempat, di antaranya di URL dan hasil pencarian. Itu sebabnya mengapa menggunakan kata kunci atau frasa kata kunci di tittle tag berpengaruh terhadap SEO.

– H tag – Headings, subheadings, atau heading 1, 2, 3, dst.

– Alt images tags – Mesin pencari tidak bisa membaca gambar. Alt tags berfungsi untuk mengkomunikasikan gambar yang kita pasang kepada mesin pencari agar mereka bisa membacanya.

KEYWORDS

Tidak penting dan tidak baik menggunakan kata kunci yang terlalu banyak dalam sebuah paragraf, jika Anda tidak mengerti meletakkan kata kunci itu sendiri. Selain di judul, dimana letak paling tepat agar anda bisa menyisipkan kata kunci dalam sebuah konten dengan tepat?

– Paragraf pertama.
– Subjudul.
– Paragraf terakhir.

Hindari menggunakan kata kunci secara berulang-ulang di dalam satu paragraf karena akan dianggap keyword stuffing.

 

KONTEN YANG KOMPREHENSIF

Saat kita membuat konten, terkadang kita hanya terpaku pada kuantitas konten daripada kualitas konten itu sendiri. Padahal yang paling penting adalah bagaimana sebuah topik dibahas secara komprehensif (lengkap dan tuntas). Misalnya, ketika kita membahas tentang topik Tip Monetisasi Blog, tentu kita perlu membahasnya secara lengkap dari mulai apa itu monetisasi, apa saja jenisnya, dan bagaimana caranya.

 

Nahh.. itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan agar website bisnis Anda terlihat profesional, juga mudah dipahami dan digunakan. Gamau kan seandainya produk anda kualitasnya premium, tapi ‘Toko Online’ anda terlihat biasa-biasa aja? Coba Anda bayangkan bila Anda yang berkunjung ke ‘Toko Online’ tersebut?

Semoga informasi ini bisa membantu Anda walaupun baru sebagian kecil dari intinya, jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin berkonsultasi dengan kami jangan ragu.. Calibreworks siap menjawab kebutuhan anda.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu!

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *