fbpx

5 ‘Hacks’ Mengoptimalkan Lead Generation Campaign Anda

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Hello Business Owners, sudah melakukan segala hal untuk bisnis Anda tapi belum juga membuahkan hasil? Mungkin Anda harus mencoba Lead Generation untuk bisnis Anda sekarang juga!

Lead Generation adalah salah satu kunci dari strategi digital marketing yang wajib di pahami oleh business owner.

Sebelum lebih mendalami lagi tentang lead generation, kita harus lebih dulu memahami tentang lead. Lead dalam istilah lead generation adalah orang yang memiliki ketertarikan pada produk atau jasa yang ditawarkan. Sederhananya, Lead artinya calon konsumen atau orang yang berpotensi menjadi pelanggan. 

Mengapa Lead Generation penting untuk bisnis Anda? Karena tanpa lead generation, penjualan sebuah bisnis akan sulit untuk berkembang. Semua bisnis membutuhkan strategi lead generation yang baik untuk terus mendapatkan konsumen dan memastikan produk atau jasa terjual. 

Nah ada 5 Hacks lead generation yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis, di antaranya:

1. Membangun Startup Anda di Platform Media Sosial

Saat ini, platform pemasaran berbasis visual sangat populer dikalangan para marketer. Menjalankan promosi melalui media sosial dinilai mengeluarkan biaya yang relatif sedikit dibandingkan dengan beriklan melalui platform promosi yang lain. Anda bisa menggunakan platform seperti Instagram, Twitter dan lainnya untuk menarik perhatian konsumen. Anda tidak harus selalu menampilkan foto produk saja pada akun media sosial bisnis Anda, tetapi juga bisa anggota tim Anda, event perusahaan dan aspek lain dari bisnis Anda yang bisa menjadi hal potensial yang mungkin membuat target audiens tertarik.

2. Mengoptimalkan Jumlah Opt-in di Situs Anda

Menawarkan opt-in kepada audiens melalui konten bisa membantu mengoptimalkan upaya menjaring pasar. PDF, ebooks, webinar, demo dan asset lainnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah leads. Anda juga dapat menggunakannya untuk melihat apa yang pengunjung website Anda inginkan. Menggunakan tool pop-up juga sangat disarankan dalam pembuatan lead agar penawaran Anda terlihat lebih jelas oleh pengunjung.

3. Memahami Dasar Psikologi Warna

Siapa sangka ternyata warna yang dipilih dalam branding dan juga marketing bisnis ternyata memiliki hubungan yang sangat erat. Bagaimana bisa? Disadari atau tidak, ternyata ada psikologi warna di dalam pemasaran. Warna berperan penting ketika Anda membuat tombol Call to Action (CTA) untuk opt-in atau landing page Anda. Efektivitas tombol CTA juga akan bergantung pada penempatan, bentuk, juga warna. Seperti warna merah yang memberikan kesan kekuatan, warna biru berarti keyakinan, kuning memberi kesan ceria, orange adalah kesombongan, hijau adalah kasih sayang dan ungu adalah kesucian.

4. Mengoptimalkan Form Subscribe

Jika Anda menyajikan form subscribe dengan pengisian yang terlalu sulit, orang akan meninggalkan form subscribe Anda karena mereka kesulitan dalam mengisi form. Maka dari itu, Anda harus membuatnya sesederhana mungkin dan mudah diisi agar audiens cepat menekan tombol kirim. Anda bisa memperbaiki form subscribe dengan melakukan evaluasi dari feedback pengunjung Anda, sehingga selanjutnya Anda dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan.

5. Mengatur Halaman 404

Halaman kesalahan 404 ‘Not Found’ adalah halaman yang dihasilkan oleh server untuk menginformasikan bahwa konten yang Anda coba akses pada situs web tidak dapat ditemukan. Jika Anda memiliki bisnis baru, mungkin website Anda masih banyak yang belum sempurna sehingga perlu dilakukan pengecekan secara berkala agar pengunjung merasa nyaman.

Itulah beberapa hack untuk mengoptimalkan lead generation campaign untuk bisnis Anda. Bagaimana? Sudah dapat ide untuk mengoptimalkan lead generation campaign Anda? 

Jika Anda ingin berdiskusi dan berkonsultasi mengenai mengembangkan bisnis, jangan ragu untuk menghubungi Calibreworks! Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *