fbpx

5 Cara Jitu Mendapatkan Database Hanya Melalui Website!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Seringkali saat memulai dan menjalani bisnis, para pebisnis bingung harus mempromosikan produk atau jasanya kemana. Salah satu cara yang paling efektif dan low-csot adalah mempromosikannya kepada database customer Anda.

Database customer biasanya berisikan semua nama pelanggan, alamat, riwayat transaksi dan bahkan data demografis dan psikografis seperti kegiatan dan minat customer. Database customer yang akurat serta lengkap dapat menjadi senjata yang ampuh. Jika dimaksimalkan penggunaannya, maka database customer ini dapat memberikan banyak sekali keuntungan & kemudahan untuk bisnis Anda!

Lantas bagaimana caranya kita mendapatkan database customer? Ada 5 cara yang dapat Anda terapkan. Cara yang pertama adalah…

1. Menawarkan E-Book atau Newsletter

Cara pertama yang baik untuk dilakukan, terutama untuk bisnis yang bersifat B2B. Cobalah menawarkan e-book atau newsletter kepada calon customer melalui website Anda lalu dapatkan data dari setiap mereka yang menginginkan e-book atau newsletter Anda, setelah itu kirimkan e-book dan newsletter melalui email mereka!

Tentunya Anda harus menyiapkan terlebih dahulu materi yang dibutuhkan oleh pengunjung website dan calon customer Anda, contohnya e-book atau newsletter mengenai sertifikasi IT atau info tentang bahasa pemograman yang biasanya dibutuhkan oleh manager dan para karyawan IT, atau mengenai parenting dan tumbuh kembang anak yang biasanya dibutuhkan orangtua. Tentu bukan hal yang sulit untuk mendapatkan database mereka jika e-book atau newsletter yang Anda siapkan sudah sesuai mereka!

2. Menawarkan Produk Gratis atau Free Trial

Siapa yang tidak menyukai hal gratis? rasanya hampir semua, bahkan bisa dibilang semua orang menyukai gratisan. Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan database calon customer Anda lho! Bagaimana caranya? Tawarkanlah beberapa produk dan jasa gratis atau free trial!

Misalnya jika bisnis Anda bergerak dibidang konsultan Anda dapat menawarkan 30 menit konsultasi gratis. Jika bisnis Anda bergerak dibidang kreatif, Anda dapat menawarkan beberapa produk seperti template video, asset desain, stok foto, dan sejenisnya secara gratis. Jika bisnis menawarkan produk seperi software, Cobalah menawarkan free trial selama 2 minggu atau sebulan. Semua itu dilakukan dengan syarat calon customer Anda harus memberikan data mereka terlebih dahulu seperti email atau nomor telepon.

3. Pancing untuk Menjawab Kuis

Cobalah menyajikan kuis ringan sebagai entertainment atau yang bersifat membantu kepada calon customer Anda yang jawabannya akan dikirimkan ke email mereka. Jika bisnis Anda adalah institusi pendidikan, cobalah membuat kuis seperti “Apa Gaya Belajar yang Cocok untuk Kamu?” atau “Jurusan Apa yang Sesuai untuk Kamu?”

Kuis tersebut bersifat membantu calon pelanggan Anda, tentunya orang tertarik terhadap hal yang bersifat menolong mereka dan akan tergerak mengisi kuis itu. Anda juga dapat mencoba kuis ringan yang bersifat menghibur seperti “Apa Kepribadianmu Berdasarkan Style Fashion?” atau kuis sejenisnya. Kuis seperti ini dapat membantu Anda mengetahui minat dan ketertarikan calon customer Anda.

4. Kontes dan Undian

Kesempatan untuk mendapatkan freebies dengan undian melalui email pasti lebih menarik dibandingkan mendapatkan berbagai spam email membosankan. Anda dapat melakukannya dengan sistem undian melalui email, seperti yang dilakukan brand ILoveGin ini. Trik ini dapat menjadi cara yang efektif bagi bisnis B2C untuk mendapatkan calon customer yang potensial!

5. Webinars

Bagi Anda yang belum mengerti apa itu webinars, webinars adalah kependekan dari istilah web seminar. Webinar adalah acara yang berlangsung online dan dihadiri juga secara online, berarti siapa saja bisa membuat acara talkshow, seminar, diskusi, dan workshop hanya dengan modal kamera dan koneksi internet yang lancar. Webinar dapat menjadi strategi ampuh dalam mendapatkan database calon customer Anda.

Webinar bisa dipakai untuk mengumpulkan nama dan email calon customer Anda yang potensial. Cara ini memudahkan Anda ketika ingin mengirimkan info promosi ke mereka. Selain itu webinars juga dapat membantu Anda membangun image dan branding lebih dibanding kompetitor Anda karena dengan webinar, Anda dapat menunjukan seberapa pengetahun dan kapabilitas Anda.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat! Jika Anda ingin memahami dan berkonsultasi lebih lanjut mengenai database customer, Anda dapat menghubungi kami. Calibreworks selalu siap untuk menunjang bisnis Anda kapanpun

 

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *