fbpx

5 Area Growth Opportunity Menggunakan Digital Marketing di Era New Normal

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

5 Reasons Why Digital Marketing Matters Now More Than Ever

Business Owners, tentu kita merasakan selama setahun kebelakang, adanya pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai tatanan kehidupan manusia, serta mengubah mata pencaharian di seluruh belahan dunia melalui adanya peraturan lockdown yang diberlakukan oleh sebagian besar negara.

Perubahan drastis perilaku dan gaya hidup masyarakat pun turut dirasakan. Yang awalnya kegiatan berbelanja masih didominasi dengan secara offline, kini kegiatan berbelanja telah meningkat secara substansial ke arah online. Pola loyalitas pelanggan pun pada akhirnya turut berubah. Melihat kini, pelanggan banyak menemui produk serupa dari merek yang berbeda-beda, membuat opsi pilihan jadi semakin beragam untuk mereka dapat menjatuhkan pilihan produk merek apa yang ingin di beli.

Perusahaan tentu harus bekerja lebih ekstra agar bisa meningkatkan strategi pemasaran digitalnya, supaya bisnis yang dijalankan tetap dapat survive bahkan berkembang di era new normal seperti sekarang, dan tidak tergeser dengan para kompetitor yang lainnya. Oleh sebab itu, Calibreworks ingin membantu para Business Owners untuk berani mengambil langkah tegas melalui 5 Area Growth Opportunity yang dapat dilakukan dengan menggunakan digital marketing untuk di era new normal seperti saat ini. Disimak, ya!

Related Content: Skill Dasar yang Harus Dimiliki untuk Menjalankan Digital Marketing

1. Optimalkan Performa Kinerja Digital Marketing yang Ada

What the Hell is Performance Marketing? - PerformanceINPada intinya, seluruh tim perlu berfokus untuk terus mengoptimalkan matrix kinerja yang ada. Seperti aktivasi dan up-selling product di setiap marketing funnel yang ada, memanfaatkan tools yang dimiliki untuk dapat meningkatkan efektivitas pemasaran. Sejatinya, digital marketing memainkan peran penting dalam hal meningkatkan pengalaman pelanggan, terutama pada intervensi funnel yang lebih rendah, Anda juga bisa melakukan interaksi pada pelanggan secara digital dengan menyediakan layanan customer service yang mampu merespon keluhan atau pertanyaan dari pelanggan dalam kurun waktu satu jam. Jika diterapkan dengan benar dan dalam skala yang besar, hasil dari pengoptimalan matrix digital marketing tentu akan memberikan hasil yang signifikan.

2. Beralih ke Teknologi Marketing yang Lebih Modern

Modern Technology - Environmental Technology

Perkembangan di dunia marketing menjadi salah satu sektor yang bisa dibilang pesat pertumbuhannya, khususnya pada bidang digital marketing. Hal ini tentu dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya banyaknya perusahaan yang kini bertransformasi ke sistem penjualan online. Tentu hal ini diimbangi dengan tingginya permintaan akan pelayanan di bidang marketing. 

Marketing technology atau yang lazim disebut martech saat ini adalah faktor utama yang meningkatkan suksesnya upaya pemasaran suatu bisnis atau perusahaan. Martech merupakan sistem atau tools yang dibuat sedemikian rupa agar bisa membantu para marketers untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dengan beralih menggunakan martech yang lebih modern, tentu akan jauh mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan berulang, sebab data yang ada akan langsung diproses oleh mesin melalui sistem automasi. Sehingga, aktivitas pemasaran bisa berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien. Hasil yang didapatkan juga akan jauh lebih tepat dan akurat.

Pada penggunaannya, paling tidak ada 3 kemampuan penting yang martech modern bisa lakukan: 

  • Campaign Execution: menjadi tools yang dapat meng-automasi dan mempersonalisasikan kegiatan kampanye melalui seluruh saluran media baik personal maupun berbayar
  • Manajemen audiens: Melakukan segmentasi pelanggan melalui data yang didapat secara offline dan online, kemudian membagi segmentasi tersebut dengan funnel marketing yang sesuai 
  • Analisis dan kinerja data: mengumpulkan data perilaku pelanggan dari kinerja kampanye dan melakukan analisis terhadapnya.

3. Mengembangkan Sistem Operasi Pemasaran yang Lebih Canggih

California's jobless claims site crashes as backlog grows - CalMatters

Agar strategi pemasaran digital berhasil, tim marketing dan IT tentu perlu bekerja sama untuk terus mengoptimalkan customer journey. Oleh sebab itu, Business Owners perlu meningkatkan sistem operasi pemasaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Anda bisa melakukan pengoptimalan pada mesin pencari, melakukan pengembangan pada HTML, melakukan analitik atribusi, melakukan campaign management untuk skala yang lebih luas, dan backlog teknologi.

4. Seimbangkan Alokasi Budget Bisnis Anda

Ministry of Finance Will Change Mandatory Spending Portion in The State Budget

Kita memahami, bahwa adanya pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor ekonomi semua orang. Oleh sebab itu, sebagai pemilik bisnis, Anda diharuskan untuk bisa mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik agar bisa tetap survive di era new normal ini. Anda perlu mengetahui pos-pos bisnis mana saja yang perlu mengeluarkan kocek lebih dan mana yang bisa dipangkas, sehingga nantinya Anda tidak over budget dalam mengeluarkan biaya untuk keperluan bisnis dan pemasukan maupun pengeluaran yang Anda lakukan untuk bisnis pun menjadi stabil.

Related Content: Ingin Bisnis Bertahan di Era New Normal? Strategi Omnichannel Kuncinya!

5. Jamin Keamanan Data Pelanggan

TIPS AMPUH MENDAPATKAN DATABASE PELANGGAN | Groedu Content Marketing

Seperti yang kita ketahui, sebuah perusahaan pastinya menyimpan berbagai data yang sangat penting dan berharga bagi kelangsungan perusahaan tersebut. Umumnya, data di perusahaan sendiri berisi informasi sensitif terkait bisnis maupun data para pelanggan/klien.

Oleh sebab itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk memastikan dan menjamin bahwa data-data yang disimpan tersebut aman dan terlindungi dari resiko kebocoran data.  Hal ini penting dilakukan, melihat di era digital seperti saat ini data merupakan aset yang sangat berharga.

Terlebih, data mengenai privasi pelanggan adalah isu yang sensitif yang harus dijaga. Jika terjadi kebocoran, tentu dapat membahayakan sistem operasional perusahaan dan berujung pada jatuhnya reputasi perusahaan tersebut di mata publik.

Untuk hal ini, Anda bisa melakukan peningkatan perlindungan seperti meningkatkan keamanan jaringan dan password, membackup data dengan cloud, melakukan pelatihan pada sistem informasi, Menggunakan enkripsi untuk mentransfer data, dan menetapkan hak akses data.

Nah, Business Owners, itulah tadi beberapa area growth opportunity yang bisa anda maksimalkan dengan menggunakan digital marketing di era new normal ini. Jika Anda masih bingung untuk mengembangkan digital marketing bisnis Anda, jangan ragu untuk cari tahu di level mana bisnis Anda saat ini. Dapatkan Digital Level Audit dengan click banner dibawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *