fbpx

4 Kunci Membuat Konten yang Sukses untuk Bisnis Anda

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pernah mendengar kalimat “Content is the King“? Ya, sebegitu pentingnya konten yang berkualitas di era serba digital ini. Dalam menciptakan konten, Anda bisa menciptakan konten berkualits dan membangun brand dengan baik, atau mengambil jalan yang mudah dengan membuat konten seadanya. Pilihan terakhir tentu merugikan dan merusak reputasi baik si pembuat konten atau reputasi bisnis, oleh karena itu menciptakan konten yang berkualitas adalah harus hukumnya jika ingin bisnis berkembang sesuai target.

Dalam artikel ini kita akan membahas 4 kunci membuat konten yang berkualitas untuk bisnis Anda, apapun itu.

Namun sebelum itu, kita harus tahu terlebih dahulu dan sepakat apa saja faktor-faktor yang membuat sebuah konten dibilang “berkualitas”. Konten dalam konteks digital marketing tentu akan disebarkan melalui platform digital dengan objective mendapatkan traffic yang relevan dengan bisnis Anda.

Apa lagi jika konten tersebut menarik, impactful dan memiliki value yang tinggi sehingga membuat orang-orang ingin membagikannya secara sukarela.

Jadi bagaimana ciri-ciri dari konten yang berkualitas?
  1. Mudah ditemukan
  2. Shareable atau menarik dan mudah untuk dibagikan
  3. Mudah diingat dan dipahami oleh audiens
  4. Membagikan informasi yang relevan dan ber-value tinggi

Itulah ciri-ciri umum dari konten yang berkualitas, lalu bagaimana cara memproduksinya? Mari kita bahas satu persatu.

1 .Ide dan Konten Anda Harus Original

Ide dan konten Anda haruslah original. Menggunakan konsep atau postingan yang sama lagi dan lagi atau menjiplak konten orang lain berarti ide Anda tidak original, Memang tidak ada yang 100% baru di bawah matahari, untuk itu Anda bisa menggunakan trik ATM (Amati, tiru, modifikasi).

Katanya tidak boleh meniru? Kenapa malah menggunakan trik ini? Perlu dimengerti bahwa trik ATM ini tidaklah plagiat, melainkan mempelajari konten yang sudah dibuat oleh orang lain yang sudah lebih ahli dan ubah menjadi gaya Anda sendiri. Yang harus diperhatikan dalam trik ini adalah etika dan hukum. Jangan Anda melanggar etika dan hukum yang akan berujung panjang nantinya.

2. Konten Anda Harus Akurat dan Terpercaya

Ketika Anda membuat sebuah konten, konten Anda bisa dilihat oleh banyak orang. puluhan, ratusan, bahkan sampai ribuan orang bisa mengakses konten Anda tapi ternyata apa yang Anda sajikan dalam konten hanyalah hoax belaka dan tidak akurat. Konten yang disajikan adalah refleksi dari bisnis dan sang pembuat konten, bayangkan, bagaimana dampak negatif pada bisnis dan reputasi pribadi Anda sebagai pembuat konten!

Untuk menghindari konten yang tidak akurat, carilah sumber-sumber yang sudah terbukti akurat dan bisa dipercaya dan selalu periksa berkali-kali sumber informasi yang Anda punya dalam membuat konten. Ini diperlukan kemampuan critical-thinking agar tidak mudah percaya pada hoax.

3. Konten Anda Harus Menjadi Problem Solver

Ketika audiens membaca sebuah artikel, infografik, atau menonton sebuah video, mereka akan mengharapkan sesuatu yang bermanfaat seperti rasa terhibur, solusi dari permasalahan yang mereka miliki, atau jawaban untuk mendapat pengetahuan. Konten Anda haruslah memberikan manfaat yang dibutuhkan sesuai target audiens Anda! Selain bermanfaat, audiens juga menginginkan jawaban dengan cepat. Jadi buatlah konten Anda secara tidak bertele-tele.

4. Komunikasi Yang Tepat

Setiap orang memiliki caranya masing-masing yang berbeda dalam menangkap informasi. Ada yang lebih baik belajar dengan membaca, ada yang lebih baik dengan mendengar, dan lainnya. Kenali cara yang paling sesuai untuk audiens Anda. Penelitian membuktikan bahwa lebih banyak orang yang lebih mudah menangkap informasi melalui video, dikarenakan dengan melihat video audiens juga akan memahami secara lebih nyata maksud dari yang Anda sampaikan pada konten.

Akhir kata, Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Menciptakan konten berkualitas dan menarik bukan hal yang bisa dibilang mudah karena memerlukan proses yang tidak instan. Tetap berlatih dan optimis dalam membuat konten. Jika Anda masih kesulitan memproduksi konten, tidak usah ragu untuk menyerahkannya kepada Calibreworks karena kami siap memproduksi konten yang berkualitas untuk bisnis Anda!

 

Struggling Business due to Covid-19? Get our 50% off Lead Generation Website [Limited Slot]

NEXT READ

Related Posts

BUSINESS OWNERS OR MARKETING MANAGERS?

SUBSCRIBE TO OUR PREMIUM, WEEKLY DIGITAL MARKETING DIGEST

We frequently share our findings, research about the marketing trends, practical strategies, study case and on demand free training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *