fbpx

3 Tools untuk Membangun B2B Marketing Funnel Yang Efektif

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Hai, Business Owners,

Kita semua setuju, bahwa agar bisnis dapat berjalan dengan lancar, dibutuhkan leads yang lebih banyak, dan untuk mendapatkan leads tersebut, memiliki tools yang efektif untuk dapat meningkatkan kinerja marketing funnel sangatlah penting.

Marketing funnel sendiri adalah bentuk lain dari sebuah proses yang memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan bagaimana perjalanan pelanggan dari yang sebelumnya tidak mengenal brand, mulai mengenal, menimbang-nimbang, menilai produk, membeli dan menjadi pelanggan setia (corong terakhir). 

Memahami untuk sampai di tahap corong terakhir yang dimana ujungnya dari perjalanan pelanggan ini adalah melakukan pembelian tidaklah mudah, maka berikut Calibreworks merekomendasikan 3 tools yang dapat digunakan oleh bisnis Anda untuk mengoptimalkan B2B marketing funnel agar leads dan penjualan meningkat:

1. Temukan metode baru untuk menggaet calon pelanggan

Untuk dapat meraih banyak calon pelanggan baru dan meningkatkan penjualan, Anda tidak bisa hanya menggunakan cara yang begitu-begitu saja, atau mengulang cara lama yang sudah sering digunakan. Lantas apa solusinya? Anda bisa menggunakan beberapa tools di bawah ini:

a. Gunakan Chatbot

Chatbot adalah layanan yang dapat menjawab secara cepat dan otomatis pertanyaan dari pelanggan.  Anda tidak perlu repot – repot membalas chat yang masuk satu persatu, karena  layanan obrolan robot virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) ini yang akan menirukan percakapan manusia dan menjawab pertanyaan para pelanggan. Melalui fitur chatbot, pemilik bisnis B2B dapat dengan mudah menyampaikan informasi yang seringkali ditanyakan para calon pelanggan.

Semisal Anda mengirimkan broadcast FAQ mengenai produk dan disertai tautan yang relevan, dan pelanggan yang membaca tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudian mengklik tautan yang ada, maka Anda dengan mudah yang akan mengarahkan pengguna situs Anda ke saluran penjualan. Setelah sampai pada situs Anda, bukan tidak mungkin mereka akan melakukan eksplorasi situs untuk mendapatkan informasi, jika mereka yakin akan bisnis Anda, maka memberikan informasi kontak mereka kepada perusahaan bukanlah hal yang sulit.

b. Gunakan Ads Berbayar

Anda juga bisa  beriklan melalui  Facebook Ads, LinkedIn, Instagram Ads bahkan Twitter untuk dapat memperluas jangkauan Anda dalam mengumpulkan data yang lebih banyak. Jika iklan Anda muncul di salah satu timeline mereka, bukan tidak mungkin mereka tertarik dan mengunjungi situs Anda, bukan?


Related article: Benarkah Facebook Ads Begitu Powerful? Cek Faktanya Disini!

2. Pelihara Leads yang Ada Secara Otomatis

Terkadang, mengatur flow penjualan yang terdiri dari ratusan tugas mikro yang dilakukan oleh puluhan tenaga penjualan adalah hal yang sulit. Untungnya, kini ada alat yang memungkinkan Anda untuk mengatur semuanya dengan baik dan efisien dengan menerapkan kecerdasan buatan (otomatis).
Related article: 5 ‘Hacks’ Mengoptimalkan Lead Generation Campaign Anda

Exceed.ai adalah semacam asisten virtual yang dapat digunakan untuk membantu menjalin hubungan dengan pelanggan. Ia dapat membantu untuk, memenuhi syarat, memelihara, dan mengonversi Leads Anda secara mandiri. Platform ini menggunakan kecerdasan buatan untuk melibatkan Leads Anda pada percakapan dua arah yang dipersonalisasi dan kontekstual berdasarkan data CRM.

 

Exceed.ai akan membantu Anda untuk melakukan penjadwalan panggilan antara pelanggan  dengan perwakilan yang relevan. Oleh sebab itu, menggunakan Exceed.ai dapat menghemat waktu dan tenaga, karena tidak banyak tenaga manusia yang digunakan untuk bolak-balik untuk mengatur pertemuan.

3. Lakukan Pengujian A/B untuk Mengoptimalkan Situs Anda 

Ketika kita memiliki situs web, apa pun jenis websitenya,  sangat penting untuk melakukan optimalisasi web setiap harinya. Hal ini penting dilakukan agar dapat pengembangan situs, menetapkan strategi pemasaran,  dan mengevaluasi kegiatan yang sudah ada agar lebih baik lagi. Business Owners, Anda bisa menggunakan Finteza untuk membantu menganalisis situs Anda.

Lebih sederhana dari Google Analytic, Finteza adalah alat analisis web gratis yang dapat melakukan pemantauan saluran penjualan, melakukan analisis mendalam dari situs web, serta melakukan pengujian A/B tanpa harus menginvestasikan tim terpisah untuk melakukannya. Fiturnya yang lengkap juga mampu memberikan Anda semua data yang Anda perlukan dalam satu dashboard.

Nah, Business Owners, berikut beberapa tool yang dapat digunakan untuk dapat mengoptimalisasi B2B marketing funnel Anda. Semoga artikel dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan strategi marketing yang ada. Kalau Anda masih bingung untuk menetapkan tools yang tepat, jangan ragu untuk menghubungi Calibreworks, kami siap membantu Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *