fbpx
Calibre-logo-refresh-concept-1

3 Tips Memaksimalkan Kepuasan Pelanggan Pada Era Digital

WRITTEN BY

Table of Contents
Table of Contents

Pengalaman pelanggan (customer experience) menjadi kunci keberhasilan di dunia bisnis yang kompetitif ini. Perusahaan riset pasar multinasional Frost & Sullivan, melakukan survei mengenai seberapa besar pengaruh customer experience terhadap loyalitas konsumen. Hasilnya adalah 89% konsumen memutuskan berhenti berinteraksi dengan brand favorit mereka karena mendapatkan pengalaman yang buruk, dan perusahaan beresiko kehilangan pelanggan setianya. Bila customer experience yang buruk tidak diatasi, tentu saja dampaknya bisa mempengaruhi pendapatan perusahaan. Jadi kalau kamu ingin menyediakan customer experience yang tepat sasaran dan memberi kepuasan, tentu kamu harus memahami kebiasaan pelanggan secara keseluruhan. Nah, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, kamu bisa menggunakan tiga tips berikut ini!

1. Mendengarkan Keinginan Pelanggan

Mendengarkan pelanggan adalah salah satu hal krusial untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, karena tujuan utama sebuah bisnis adalah untuk menyediakan solusi bagi pelanggan. Jadi, pebisnis perlu menerima feedback dari pengguna produk dan jasa mereka. Kritik menjadi sumber paling baik untuk belajar dan memperbaiki diri.

Untuk menjadi pendengar yang baik, ada bermacam-macam cara dan pendekatan yang bisa dilakukan, misalnya seperti melakukan survei atau menyediakan customer service. Dengan demikian, pelanggan bisa dengan mudah menyampaikan pendapat terhadap bisnis, produk, dan layanan yang disediakan.

 

2. Membuat pengalaman pelanggan lebih personal

Jika kamu ingin membangun hubungan baik dengan pelanggan, maka solusi yang tepat adalah melakukan pendekatan secara personal. Hal tersebut karena kebutuhan pelanggan satu dan yang lain berbeda jadi tidak bisa disamaratakan sehingga pendekatan personal membuat pelanggan merasa lebih dihargai dan dimengerti.

Pendekatan personal bisa dilakukan dengan meminta pelanggan untuk membuat profile mereka pada Content Management System (CMS) bisnis kamu. Nah dari data itu, kamu bisa melihat kecenderungan belanja pelanggan.

 

3. Melakukan pendekatan dengan pelanggan

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis di era digital adalah kesempatan untuk berinteraksi secara lebih intens dengan pelanggan dengan cara yang lebih mudah dan praktis. Bahkan pandemi tidak membatasi pendekatan kepada pelanggan denganĀ  adanya platform media sosial.

Maka dari itu, kehadiran sebuah perusahaan di media sosial sangatlah penting. Konten-konten dalam media sosial harus berkualitas karena jumlah pelanggan yang berinteraksi dipengaruh kualitas konten yang kamu hadirkan. Selain itu perlu dipastikan website bisnis kamu dapat diakses secara mudah dan cepat.

Keberhasilan menjangkau pelanggan tidaklah cukup, sangat penting mempertahankan hubungan dengan pelanggan untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap brand kamu. Kelola tiap-tiap platform media sosial dengan baik sehingga memberi kontribusi baik untuk kemajuan bisnismu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

NEXT READ